UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA KANTONG DORAEMON PADA MATERI BERHITUNG UNTUK SISWA SLOW LEARNER KELAS II DI SEKOLAH INKLUSI SDN BUNUL REJO 03 MALANG

HANDAYANI, RICHA (2016) PENGGUNAAN MEDIA KANTONG DORAEMON PADA MATERI BERHITUNG UNTUK SISWA SLOW LEARNER KELAS II DI SEKOLAH INKLUSI SDN BUNUL REJO 03 MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richahanda-46612-1-pendahul-n.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richahanda-46612-2-bab1.pdf

Download (185kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richahanda-46612-3-babii.pdf

Download (375kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-richahanda-46612-4-babiii.pdf

Download (217kB) | Preview

Abstract

Pada kenyataan yang adasiswa slow learner kelas II SDN Bunul Rejo 03 Malang yang mengalami kesulitan pada materi operasi hitung pada pelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan: 1)penggunaan media kantongdoraemon dalam meningkatkan kemampuan berhitung siswa slow learner kelas II di SDN Bunul Rejo 03 Malang, 2) hasil belajar siswa dengan menggunakan media kantong doraemon pada siswa slow learner kelas II di SDN Bunul Rejo 03 Malang. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan desain Siklus PTK model Kemmis S dan Mc. Taggart. Subjek dan tepat dalam penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Bunul Rejo 03 Malang dengan jumlah 2 siswa slow learner, terdiri dari 2 siswa putri. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif dan Kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan pada Ketuntasan hasil berhitung klasikal siswa pada siklus I yaitu sebesar 50% (1 dari 2 siswa), pada siklus II meningkat sebesar 100% (2 dari 2 siswa). Hal ini membuktikan bahwa media Kantong Doraemon dapat meningkatkan operasi berhitung pada anak slow learner dengan menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Peneliti merekomendasikan dalam pembelajaran Matematika hendaknya menggunakan media Kantong Doraemon sebagai metode pembelajaran agar lebih inovatif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Operasi Hitung Penjumlahan dan Pengurangan, Pembelajran Matematika Kelas II SD
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 30 Jul 2019 06:42
Last Modified: 30 Jul 2019 06:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47582

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo