UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 1 KOTA MALANG

BERLIANINGRUM, ELA DESTI (2016) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS V DI SEKOLAH DASAR NEGERI KAUMAN 1 KOTA MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eladestibe-47244-1-pendahul-n.pdf

Download (612kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eladestibe-47244-2-babi.pdf

Download (128kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eladestibe-47244-3-babii.pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eladestibe-47244-4-babiii.pdf

Download (319kB) | Preview

Abstract

Sekolah Dasar Negeri Kauman 1 Malang merupakan sekolah yang sudah sudah melaksanakan pendidikan karakter di lingkungan sekolah. Hal ini terbukti dari pemerolehan penghargaan Adiwiyata, yaitu menjaga dan bertanggung jawab pada lingkungannya. Adiwiyata ini termasuk dalam ketercapaian nilai karakter yang peduli lingkungan. Peneliti ingin menganalisis nilai karakter yang tercapai di dalam proses pembelajaran bahasa Jawa. Pembiasaan sikap dan bicara bahasa Jawa berkaitan dengan pendidikan karakter. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan perencanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas V di SDN Kauman 1 Kota Malang. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas V di SDN Kauman 1 Kota Malang. (3) Mendeskripsikan penilaian pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa kelas V di SDN Kauman 1 Kota Malang. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yaitu pengumpulan data pada suatu latar alamiah. Sumber data penelitian ini berdasarkan hasil observasi, wawancara dan dokumen. Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran bahasa Jawa meliputi (1) Perencanaan, yaitu guru tidak membuat silabus dan RPP. Guru menggunakan buku paket yang sesuai dengan Pergub Jatim Nomor 19 Tahun 2014 yang memakai kurikulum 2013. Penskoran penilaian tahap perencanaan dikosongkan karena tidak terdapat dokumen yang diobservasi. (2) Pelaksanaan, siswa sudah mengimplementasikan nilai karakter. Nilai karakter yang terlihat yaitu religius, disiplin, gemar membaca, peduli sosial, peduli lingkungan,rasa ingin tahu dan tanggungjawab. Guru memperoleh skor sangat baik dalam mengimplementasikan pembelajaran yang sesuai kurikulum 2013. (3) Penilaian, guru melakukan penilaian dengan cara mengamati cara berbicara, sikap dan cara berjalan siswa. Pengamatan tersebut akan dicatat kemudian dihubungkan dengan indikator ketercapaian nilai karakter.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: implementasi, pendidikan karakter, pembelajaran bahasa Jawa
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Jul 2019 01:59
Last Modified: 27 Jul 2019 01:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47453

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo