UMM Institutional Repository

ANALISIS PENGGUNAAN TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 8 DAU MALANG

FARHAN, MUHAMMAD (2016) ANALISIS PENGGUNAAN TEORI VAN HIELE DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA SISWA KELAS V DI SD MUHAMMADIYAH 8 DAU MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-45817-1-pendahul-n.pdf

Download (903kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-45817-2-babi.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-45817-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadfa-45817-4-babiii.pdf

Download (420kB) | Preview

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang ada pada semua jenjang pendidikan, mulai dari tingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi. Bahkan matematika diajarkan di taman kanak-kanak secara informal, dengan demikian dibutuhkan cara belajar yang tepat untuk digunakan dalam pembelajaran matematika agar pelajaran matematika dapat diterima oleh siswa-siswi dengan baik. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah mendiskripsikan (1) teori Van Hielle yang digunakan guru dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 5 SD Muhammadiyah 8 Dau Malang, (2) kendala pada saat menggunakan teori Van Hielle pada mata pelajaran matematika siswa kelas 5, (3) solusi yang sudah diterapkan guru untuk mengatasi kendala dalam penerapan teori Van Hielle pada pembelajaran matematika siswa kelas 5. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi, teknik analisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif yang meliputi pengumpulan data, reduksi data dan paparan data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa: (1) penggunaan teori Van Hielle dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas 5 dalam proses pembelajarannya RPP sudah mengikuti teori Van Hille, tetapi ada dua langkah pembelajaran yang belum sesuai dengan RPP atau teori Van Hielle, (2) kendala yang ditemukan pada proses pembelajaran matematika dengan teori Van Hielle ini adalah tidak semua siswa antusias dalam bekerja kelompok, siswa masih malu-malu ketika maju untuk presentasi, siswa kurang bisa menyampaikan hasil diskusi ke teman-temannya, dan kesesuaian proses pembelajaran pada RPP dengan teori Van Hielle. (3) solusi yang dilakukan dengan menggunakan teori Van Hille pada pembelajaran matematika, yaitu: guru membagi tugas sesuai dengan jumlah siswa yang ada pada setiap kelompok, guru membiasakan setiap tugas dilakukan presentasi, guru mendampingi siswa setiap presentasi di depan kelas, dan penyesuaian kebutuhan pembelajaran dengan RPP dengan teori Van Hielle.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Pembelajaran matematika, teori Van Hielle
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 27 Jul 2019 01:48
Last Modified: 27 Jul 2019 01:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47451

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo