PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRA’ATI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI’IN DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG

DARMAWATY, DARMAWATY (2007) PEMBELAJARAN MEMBACA AL-QUR’AN DENGAN METODE QIRA’ATI DI TPQ HIDAYATUL MUBTADI’IN DESA NGANTRU KECAMATAN NGANTANG KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PEMBELAJARAN_MEMBACA_ALQUR.pdf

Download (81kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh banyaknya penemuan tentang metode pembelajaran membaca al­Qur’an yang diterapkan pada Taman­taman Pendidikan Al­Qur’an di Indonesia, diantara metode pembelajaran membaca al­Qur’an adalah Iqra’, Al­Barqi, Tombak Paku Alam, Sas, Libat, Lubah, dan lain­lain. Dari semua metode pembelajaran al­Qur’an di atas memiliki kekurangan, yaitu santri mampu membaca al­Qur’an dengan lancar tetapi tanpa tartil dan kaidah tajwid yang benar. Qira’ati adalah salah satu metode pembelajaran membaca al­Qur’an yang kehadirannya bertujuan untuk menyebarkan ilmu baca al­Qur’an yang benar sesuai dengan kaidah tajwid. Dan, Taman Pendidikan Al­Qur’an Hidayatul Mubtadi’in adalah salah satu Taman Pendidikan Al­Qur’an yang menerapkan metode Qira’ati. Rata­rata santri lulusan dari TPQ ini sudah bisa menguasai kaidah tajwid yang benar, makhrijul huruf, membaca dengan tartil, dan tidak membutuhkan waktu yang lama untuk khatam dan beralih pada al­Qur’an. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui alasan yang mendasari TPQ Hidayatul Mubtadi’in memilih metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca al­Qur’an pada santri­ santrinya, untuk mengetahui penerapan pembelajaran membaca al­Qur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Mubtadi’in, untuk mengetahui hasil penerapan pembelajaran membaca al­Qur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Mubtadi’in, dan untuk mengetahui faktor­faktor yang menjadi pendukung dan penghambat pembelajaran membaca al­ Qur’an dengan metode Qira’ati di TPQ Hidayatul Mubtadi’in. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh dari Buku­buku kepustakaan, dokumentasi, responden: kepala TPQ, asatidz dan santri TPQ Hidayatul Mubtadi’in. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan cara berfikir induktif. Dari hasil penelitian diketahui bahwa salah satu alasan yang mendasari dipilihnya Metode Qira’ati dalam pembelajaran membaca al­Qur’an di TPQ Hidayatul Mubtadi’in adalah sejak awal santri sudah diperkenalkan pada bunyi huruf­huruf hijaiyyah yang sudah berharakat (tanda baca), pemberian materi secara bertahap dan berkesinambungan, dan berdasarkan pada kesiapan dan kemampuan santri sendiri. Pembelajaran membaca al­Qur’an dengan Metode Qira’ati meliputi: tahap pra­instruksional (membuka pelajaran dan pengkondisian kelas), tahap instruksional (kegiatan inti), dan tahap post­instruksional (menutup pelajaran). Hasil penerapan pembelajaran membaca al­Qur’an dengan metode Qira’ati terlihat rata­rata santri dapat mengkhatamkan Qira’ati dari jilid 1 sampai jilid 6 dalam waktu 5 bulan dengan menguasai kaidah tajwid dan ilmu ghorib. Adapun, faktor­faktor yang menjadi penghambat adalah dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran suasana kelas sangat ramai, kurangnya penguasaan materi pelajaran oleh santri yang berada pada jilid 1, 2 dan 5, kurangnya kompetensi ustadz/ustadzah, pendistribusian buku Qira’ati kurang lancar. Adapun factor­faktor yang menjadi pendukung adalah santri yang ramai diberi tugas untuk membaca dan menulis kalimat dalam buku Qira’ati,santri yang kurang menguasai materi diberi latihan membaca secara berulang­ulang (system drill), ustadz/ustadzah diberi pembinaan untuk meningkatkan kompetensi dalam mengajar, memberikan kebijakan pada santri yang belum memiliki buku Qira’ati berupa peminjaman buku.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > Department of Tarbiyah
Depositing User: Zainul Afandi
Date Deposited: 08 May 2012 07:41
Last Modified: 08 May 2012 07:41
URI: http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/4739

Actions (login required)

View Item View Item