UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN TEGALGONDO KABUPATEN MALANG

DEWI, FANI OKTINA (2016) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PPKn TENTANG SISTEM PEMERINTAHAN PUSAT MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING PADA KELAS IV SDN TEGALGONDO KABUPATEN MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanioktina-55084-1-pendahul-n.pdf

Download (828kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanioktina-55084-2-babi.pdf

Download (535kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanioktina-55084-3-babii.pdf

Download (286kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fanioktina-55084-4-babiii.pdf

Download (640kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya pemahaman siswa mengenai sistem pemerintahan pusat pada siswa kelas IV SDN Tegalgondo Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil observasi nilai mata pelajaran PPKn khususnya mengenai sistem pemerintahan pusat masih tergolong sangat rendah. Hal ini disebabkan karena metode pembelajaran yang digunakan oleh guru masih cenderung tradisional. Guru hanya memberikan metode ceramah, dimana siswa hanya duduk, mencatat, dan mendengarkan apa yang disampaikan oleh guru. Hal ini memberikan sedikit peluang bagi siswa untuk bertanya di dalam proses pembelajaran sehingga suasana belajar di kelas menjadi kurang kondusif. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Snowball Throwing, dan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan model Snowball Throwing. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam 2 siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Siklus I dan siklus II masing-masing dilakukan selama dua kali pertemuan selama 2x35 menit. Siklus I dan siklus II dilakukan dengan fokus pembelajaran yaitu untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pusat dengan menggunakan model Snowball Throwing. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dokumentasi dan tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi dan tes. Data dianalisis menggunakan data kuantitatif dan data kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, menunjukkan bahwa terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada materi sistem pemerintahan pusat dengan menggunakan model Snowball Throwing dari siklus I ke siklus II. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa secara klasikal pada siklus I sebesar 23% siswa yang tuntas, sedangkan sebesar 77% siswa yang tidak tuntas. Pada siklus II sebesar 75% siswa yang tuntas, sedangkan 25% siswa yang tidak tuntas. Penelitian ini dikatakan berhasil karena persentase ketuntasan belajar siswa secara klasikal pada siklus II telah melebihi kriteria yang diinginkan yaitu 70%.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201010430311066
Keywords: Peningkatan, Hasil Belajar, Snowball Throwing
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Jul 2019 03:33
Last Modified: 25 Jul 2019 03:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47367

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo