UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SI MEDIA PINTAR (SI MEPI) BERBASIS FLASH UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR

FARDILLA, YENNY (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF SI MEDIA PINTAR (SI MEPI) BERBASIS FLASH UNTUK KELAS IV SEKOLAH DASAR. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yennyfardi-45582-1-pendahul-n.pdf

Download (343kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yennyfardi-45582-2-babi.pdf

Download (237kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yennyfardi-45582-3-babii.pdf

Download (422kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yennyfardi-45582-4-babiii.pdf

Download (515kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya pemanfaatan media pembelajaran berbasis teknologi oleh guru, sehingga berdampak pada kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan masih banyak guru yang hanya menggunakan media pembelajaran seadanya seperti gambar, alat peraga dan lingkungan sekitar. Sedangkan sekolah dilengkapi dengan media pembelajaran berbasis teknologi yang cukup memadai. Dari 13 guru hanya dua guru yang menggunakan media berbasis multimedia dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan produk berupa multimedia interaktif berbasis flash yang diberi nama SI MEPI dalam pembelajaran tematik untuk kelas IV dengan tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku pembelajaran 1. Penelitian pengembangan ini dilakukan di SDN Sumbersari 1 Malang pada tanggal 24 November 2015, 23 dan 26 Mei 2016. Penelitian ini menggunakan langkah menurut Sugiyono (2015) yang semula sepuluh menjadi sembilan langkah karena langkah-langkah dalam penelitian dapat disesuaikan dengan kebutuhan penelitian, yaitu melihat potensi dan masalah di sekolah, pengumpulkan data, pengembangan desain produk, validasi oleh ahli materi, media dan pembelajaran, revisi desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian, dan revisi akhir produk. Hasil dari penelitian dan pengembangan ini adalah multimedia interaktif SI MEPI dikategorikan sangat layak untuk digunakan dan mendapat respon sangat baik atau positif dari siswa. Sesuai dengan analisis data yang dilakukan menunjukkan persentase nilai validasi 92,22% oleh ahli materi, 78,57% validasi tahap I dan 85,71% validasi tahap II oleh ahli media dan 94,44% oleh ahli pembelajaran dengan kualifikasi sangat layak. Selanjutnya pada tahap uji coba media SI MEPI mendapat respon yang sangat baik dari peserta didik sebagai pengguna media. Uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase yang mencapai 89,69% dan 93,41% pada uji coba kelompok besar dengan kualifikasi sangat baik. SI MEPI dapat digunakan sebagai media alternatif dan inovatif penunjang proses pembelajaran tematik untuk kelas IV Sekolah Dasar pada tema cita-citaku subtema aku dan cita-citaku pembelajaran 1.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Pengembangan, multimedia interakti SI MEPI, Flash.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:56
Last Modified: 25 Jul 2019 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47364

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo