UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING “MAGNETIC BOARD” PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR

ARDILA, YOPVI TRIA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA MIND MAPPING “MAGNETIC BOARD” PADA PEMBELAJARAN TEMATIK BAGI SISWA KELAS 1 SEKOLAH DASAR. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yopvitriaa-45580-1-pendahul-n.pdf

Download (691kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yopvitriaa-45580-2-babi.pdf

Download (168kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yopvitriaa-45580-3-babii.pdf

Download (435kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yopvitriaa-45580-4-babiii.pdf

Download (357kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh siswa kelas 1 sekolah dasar pada SD Muhammadiyah 4 Batu bahwa guru belum memiliki media berupa benda kongkret seperti hewan magnet yang dapat digunakan untuk belajar tentang hewan disekitarku pada pembelajaran tematik. Guru lebih mengandalkan buku dan papan tulis untuk menjelaskan materi dan keterbatasan media pembelajaran disebabkan kurangnya fasilitas dari sekolah. Masalah dalam penelitian ini yaitu bagaimana proses pengembangan media Mind Mapping “Magnetic Board” pada pembelajaran tematik tema benda, hewan, dan tumbuhan disekitarku kelas 1 Sekolah Dasar dan bagaimana keefektifan media Mind Mapping “Magnetic Board” pada pembelajaran tematik tema benda, hewan, dan tumbuhan disekitarku kelas 1 Sekolah Dasar. Tujuan penelitian pengembangan ini mengembangkan media Mind Mapping “Magnetic Board” pada pembelajaran tematik tema benda, hewan, dan tumbuhan disekitarku kelas 1 Sekolah Dasar dan mengetahui keefektifan media Mind Mapping “Magnetic Board” pada pembelajaran tematik tema benda, hewan, dan tumbuhan disekitarku kelas 1 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan pengembangan media dilakukan pada SD Muhammadiyah 4 Batu dengan dilakukan penelitian untuk uji coba kecil/lapang untuk mengetahui kelayakan media Mind Mapping “Magnetic Board” dilakukan pada kelas 1D dengan jumlah 9 siswa setelah dilakukan uji skala kecil maka akan dilakukan uji coba skala besar pada kelas 1B dengan jumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pengembangan proses media Mind Mapping “Magnetic Board” dapat dilihat pada penilaian validasi ahli yang mencapai 80% oleh ahli media, 92,7% oleh ahli materi dan 92,7% oleh ahli pembelajaran tematik kelas 1 Sekolah Dasar serta keefektifan dapat dilihat pada tahap uji coba produk yang dapat dilihat dari respon yang sangat baik dari siswa sebagai pengguna media Mind Mapping “Magnetic Board” dengan cara pengisian angket. Dari uji coba kelompok kecil diperoleh hasil persentase keseluruhan yang mencapai 88,89% dan 91,5% pada uji coba kelompok besar. Sehingga dapat disimpulkan bahwa media Mind Mapping “Magnetic Board” yang dikembangkan sangat layak menjadi produk akhir peneliti pengembangan dan dapat digunakan sebagai penunjang proses kegiatan belajar mengajar tematik kelas 1 Sekolah Dasar pada tema benda, hewan, dan tumbuhan disekitarku.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Pengembangan, media, Mind Mapping “Magnetic Board”, Tematik
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 25 Jul 2019 02:50
Last Modified: 25 Jul 2019 02:50
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47360

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo