UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP BERSERI PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 3 SDN BUNULREJO 3 KOTA MALANG

NURAINI, SRI FAHMA (2016) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK STRIP BERSERI PADA PEMBELAJARAN BAHASA JAWA KELAS 3 SDN BUNULREJO 3 KOTA MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srifahmanu-45588-1-pendahul-n.pdf

Download (668kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srifahmanu-45588-2-babi.pdf

Download (98kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srifahmanu-45588-3-babii.pdf

Download (719kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-srifahmanu-45588-4-babiii.pdf

Download (141kB) | Preview

Abstract

Kemampuan siswa terhadap mata pelajaran bahasa Jawa yaitu materi unggah-ungguh bahasa Jawa di SDN Bunulrejo 3 kota Malang sulit dipahami oleh siswa. Metode serta media yang digunakan hanya buku LKS dan pepak bahasa Jawa, sehingga perlu adanya perbaikan dan peningkatan media pembelajaran yang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk: mendiskripsikan dan mengembangkan komik Strip berseri bahasa Jawa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian R&D (Research and Development), yaitu menggunakan model pengembangan Gall, Borg, and Gall dan Dick and Carey. Adapun langkah-langkah pengembangan yang dimaksudkan adalah Analisis penelitian, penilaian kebutuhan dan bukti dari konsep, Perencanaan produk dan desain, Pengembangan produk awal, Uji Lapangan Awal, Revisi Produk, Uji Lapangan Utama, dan Revisi Produk Akhir dan Penyebaran. Dalam penelitian ini hanya menggunakan tujuh langkah karena penelitian ini tidak menghasilkan produksi secara masal, namun hanya revisi akhir dan untuk penyebar media perlu bekerjasama dengan pihak sekolah. Hasil penelitian pada tahap validasi ahli media pembelajaran menunjukkan bahwa desain media komik Strip menunjukkan kriteria sangat valid. Hasil yang diperoleh dari ahli materi pembelajaran menunjukkan kriteria valid namun perlu adanya revisi dengan persentase 42.85%, akan tetapi materi sudah dapat dipahami siswa pada saat melakukan uji coba kelompok kecil dan besar. Dan oleh ahli materi komik strip berseri ini layak namun dengan revisi yaitu gambar dan tulisan yang perlu dipertebal lagi. Hasil yang diperoleh dari ahli media menunjukkan kriteria sangat valid dengan persentase 91.11%, sedangkan hasil yang diperoleh dari ahli pembelajaran kelas 3 juga menunjukkan kriteria sangat valid dengan presentase 88.89%. Selain itu, hasil uji coba kelompok kecil pada 14 siswa kelas 3 SDN Bunulrejo 3 kota Malang memperoleh respon positif siswa dengan rata-rata 80, sedangkan uji coba kelompok besar pada 16 siswa diperoleh presentase 81.25. Berdasarkan hasil keseluruhan dapat disimpulkan bahwa media komik Strip dapat dijadikan sebagai media pembelajaran bahasa Jawa di SDN Bunulrejo 3 kota Malang.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: pengembangan, media pembelajaran, unggah-ungguh bahasa Jawa, komik Strip.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 23 Jul 2019 08:15
Last Modified: 23 Jul 2019 08:15
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47307

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo