UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS LAPORAN SEDERHANA SISWA KELAS 2 SDN KAUMAN 2 MALANG

ARISTA, SELA MUJI (2016) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN ARIAS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA MATERI MENULIS TEKS LAPORAN SEDERHANA SISWA KELAS 2 SDN KAUMAN 2 MALANG. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selamujiar-45595-1-pendahul-n.pdf

Download (199kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selamujiar-45595-2-bab1.pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selamujiar-45595-3-bab2.pdf

Download (277kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-selamujiar-45595-4-bab3.pdf

Download (325kB) | Preview

Abstract

Hal yang mendasari penelitian ini adalah hasil belajar bahasa Indonesia pada pembelajaran tematik di SDN Kauman 2 Malang masih kurang maksimal ditandai dengan adanya 76,2% siswa yang tidak tuntas dengan jumlah siswa 14 siswa, sehingga perlu adanya upaya peningkatan melalui metode pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui dan mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada pembelajaran tematik pada siswa kelas II SDN Kauman 2 Malang, dan (2) mengetahui dan mendiskripsikan penerapan model pembelajaran ARIAS untuk meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia materi menulis teks laporan sederhana siswa kelas II SDN Kauman 2 Malang. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas. Sebagai sumber data, dipilih siswa kelas II SDN Kauman 2 Malang yang berjumlah 21 siswa. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2016 dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri dari 2 pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan (1) penerapan model pembelajaran ARIAS pada bahasa Indonesia dalam pembelajaran tematik di SDN Kauman 2 Malang yaitu guru membagi siswa untuk berkelompok, guru membagikan materi/wacana, siswa mendiskusikan materi, siswa mengidentifikasi materi teks laporan sederhana dengan kelompok, siswa membuat teks laporan sederhana guru bersama siswa membuat kesimpulan; dan (2) penggunaan model pembelajaran ARIAS dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia, ditunjukkan pada siklus I dengan persentase 28,57% dan pada siklus II sebesar 71,43%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sebanyak 42,86%.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: model pembelajaran ARIAS, hasil belajar, bahasa Indonesia
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:28
Last Modified: 23 Jul 2019 07:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47294

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo