UMM Institutional Repository

STRATEGI FUN TEACHING PADA MATERI PERKALIAN KELAS II DI SDN PEKOREN 1 KECAMATAN REMBANG PASURUAN

ALFIANTI, RIZKY YUNITA (2016) STRATEGI FUN TEACHING PADA MATERI PERKALIAN KELAS II DI SDN PEKOREN 1 KECAMATAN REMBANG PASURUAN. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyyunit-45596-1-pendahul-n.pdf

Download (384kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyyunit-45596-2-babi.pdf

Download (64kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyyunit-45596-3-babii.pdf

Download (275kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-rizkyyunit-45596-4-babiii.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Berhitung bagi sebagian besar anak-anak adalah suatu hal yang bisa membuat mereka takut. Karena disamping mereka tidak tahu caranya, kebanyakan mereka juga takut salah. Pembelajaran matematika pada materi perkalian di SDN Pekoren 1 kelas II guru membelajarkan dengan strategi fun teaching. Peneliti ingin mengetahui secara mendalam tentang strategi fun teaching dalam perangkat pembelajaran dan strategi fun teaching dalam proses pembelajaran pada materi perkalian. Strategi fun teaching ini didasari dari konsep PAIKEM, yang berasal dari huruf M, yaitu Menyenangkan yang berarti membuat suasana pembelajaran menjadi gembira, tidak tegang, dan menarik. Penelitian ini bertujuan (1) Mendeskripsikan strategi fun teaching dalam perangkat pembelajaran pada materi perkalian kelas II di SDN Pekoren 1, (2) Mendeskripsikan strategi fun teaching dalam proses pembelajaran pada materi perkalian kelas di II SDN Pekoren. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dan tepat dalam penelitian ini adalah siswa kelas II-B SDN Pekoren 01 Kecamatan Rembang, Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa 28 siswa , terdiri dari 15 siswa putra dan 13 siswi putri. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan catatan lapangan. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan perangkat pembelajaran yang dirancang guru, yaitu rencana pelaksanaan pembelajaran sebagian besar sesuai dengan yang diaplikasikan dalam pembelajaran. Namun masih perlu perbaikan dan ditambahkan aspek yang belum dijabarkan dalam RPP tersebut sehingga apa yang telah direncanakan dalam dapat diaplikasikan secara optimal dan efisien. Alat peraga yang dirancang guru memiliki kesesuaian dengan tujuan dan materi pembelajaran. Namun alat peraga yang dirancang guru kurang bervariatif dan inovatif. Strategi fun teaching dalam proses pembelajaran di SDN Pekoren 1 ini sangat penting karena anak usia sekolah dasar kelas II masih suka bermain. Strategi fun teaching ini sangat cocok karena mengandung unsur bermain. Bermain dalam kelas disisipkan materi perkalian. Keempat langkah yang digunakan guru dalam strategi fun teaching tersebut membuat suasana pembelajaran di kelas menjadi menyenangkan, berani bertanya, mencoba tetapi ada sebagian siswa yang masih pasif. Hal yang menyebabkan siswa masih pasif, yaitu guru menggunakan empat langkah dalam strategi fun teaching, namun humor belum digunakan oleh guru. Humor dapat disisipkan pada waktu bercerita dan juga dapat ditengah-tengah pembelajaran ketika suasana pembelajaran terlihat begitu serius.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Perkalian, Strategi Fun Teaching
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:09
Last Modified: 23 Jul 2019 07:09
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47293

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo