UMM Institutional Repository

ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PPKn PADA KELAS 5 SDN JIPURAPAH I KECAMATAN PLANDAAN KABUPATEN JOMBANG

CAHYANI, RIRIS (2016) ANALISIS PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PPKn PADA KELAS 5 SDN JIPURAPAH I KECAMATAN PLANDAAN KABUPATEN JOMBANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririscahya-45597-1-pendahul-n.pdf

Download (765kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririscahya-45597-2-babi.pdf

Download (603kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririscahya-45597-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ririscahya-45597-4-babiii.pdf

Download (433kB) | Preview

Abstract

Dalam pelaksanaan pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar, siswa tidak hanya mendengarkan, mencatat, dan menghafal materi, tetapi siswa harus terlibat langsung dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu guru harus menerapkan model pembelajaran yang bervariasi, agar siswa lebih aktif dalam pembelajaran, memudahkan siswa dalam menerima materi, dan tercapainya tujuan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui model pembelajaran PPKn, (2) mengetahui hambatan yang dihadapi guru pada saat menerapkan model pembelajaran PPKn, (3) mengetahui upaya guru untuk mengatasi hambatan pada saat menerapkan model pembelajaran PPKn di kelas 5. Jenis pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan menggunakan metode deskriptif yang mendeskripsikan fenomena faktual di lapangan. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kegiatan analisis data yang digunakan yaitu mereduksi, menyajikan, dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran PPKn di kelas 5 pada materi Mendeskripsikan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), guru menerapkan model pembelajaran inkuiri dan pada materi Menjelaskan Pentingnya Keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, guru menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe think pair share. (2) Kendala yang dihadapi guru dalam penerapan model pembelajaran PPKn pada kelas 5 yaitu guru kesulitan dalam menyampaikan materi (3) Upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan tersebut, guru mengkondisikan peserta didik untuk siap menerima pelajaran, guru memposisikan peserta didik di bangku yang paling depan dan dekat dengan guru, guru memberikan tugas kepada semua anggota kelompok dan membimbingnya untuk mengerjakan di dalam buku tulisnya masing-masing.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Analisis, Model Pembelajaran, PPKn
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 23 Jul 2019 07:05
Last Modified: 23 Jul 2019 07:05
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47291

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo