UMM Institutional Repository

PANDUAN PENULISAN SKRIPSI BERORIENTASI PUBLIKASI (EDISI REVISI)

Hindun, Iin and Husamah, Husamah and Hudha, Atok Miftachul and Rahardjanto, Abdulkadir and Budiyanto, Moc. Agus Krisno and Rofieq, Ainur (2019) PANDUAN PENULISAN SKRIPSI BERORIENTASI PUBLIKASI (EDISI REVISI). Revisi IV . Pendidikan Biologi FKIP UMM, Malang.

[img]
Preview
Text
Hindun dkk - PANDUAN PENULISAN SKRIPSI BERORIENTASI PUBLIKASI.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Proses pendidikan di Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Malang (FKIP-UMM) akan diakhiri dengan diwajibkannya mahasiswa menyusun skripsi. Tujuan penulisan skripsi adalah sebagai sarana pelatihan bagi mahasiswa dalam menulis dan mempublikasikan karya ilmiah. Untuk menilai keberhasilan penulisan skripsi tersebut, mahasiswa harus melakukan seminar proposal, melakukan penelitian, membuat artikel ilmiah untuk kemudian dipublikasikan di Jurnal Ilmiah dan/atau Seminar (dan diprosidingkan), lalu mempertahankannya di depan dewan penguji yang telah ditentukan oleh Program Studi. Perlu disadari bahwa kualitas skripsi tidak hanya ditentukan oleh substansi atau materi tulisan saja, tetapi juga oleh tata cara penulisannya. Oleh sebab itu untuk menjamin tercapainya kualitas seperti yang diharapkan maka diperlukan Panduan Penulisan Skripsi Berorientasi Publikasi ini. Panduan ini diharapkan dapat membantu memperlancar proses pengajuan masalah/judul, penyusunan proposal, seminar, penelitian, pembimbingan, publikasi, dan ujian skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi telah mengeluarkan/menerbitkan buku panduan penulisan skripsi sejak tahun 2009 dan telah menjadi rujukan mahasiswa dan dosen. Namun demikian, berdasarkan kebutuhan dan tuntutan yang berkembang, masukan dari dosen dan mahasiswa, adanya kebijakan fakultas dan universitas, serta tuntutan akreditasi dan sertifikasi internasional AUN-QA maka perlu kegiatan peninjauan kembali atau revisi. Revisi keempat (tahun 2019) ini difokuskan pada penguatan menuju publikasi dan anti-plagiarisme, sehingga karya-karya intelektual mahasiswa yang dibimbing dengan intens oleh dosen pembimbing memiliki dampak lebih besar. Kami berharap semua pihak yang terkait (mahasiswa dan dosen) memanfatkan dan mengikuti buku panduan ini dengan baik serta konsisten. Kami menyadari bahwa buku pedoman ini masih jauh dari sempurna, oleh karena itu saran dan kritik konstuktif akan sangat bermanfaat untuk melengkapi kekurangan tersebut. Kepada siapapun yang telah memberikan kritik dan saran maka kami mengucapkan terima kasih. Kepada semua pihak yang terlibat dalam penyusunan buku ini, khususnya tim perevisi dan editor, Program Studi Pendidikan Biologi menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang sebesar-besarnya.

Item Type: Book
Thesis Advisors: Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Malang
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Husamah Husamah
Date Deposited: 25 Jul 2019 07:16
Last Modified: 25 Jul 2019 07:16
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47280

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo