UMM Institutional Repository

PENGARUH MEDIA KARTU SOAL PAPAN GERET TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN LOSARI SINGOSARI MALANG

ASNOPA, ASNOPA (2016) PENGARUH MEDIA KARTU SOAL PAPAN GERET TERHADAP KEMAMPUAN PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS I SDN LOSARI SINGOSARI MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asnopa-44263-1-pendahul-n.pdf

Download (474kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asnopa-44263-2-bab1.pdf

Download (434kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asnopa-44263-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-asnopa-44263-4-babiii.pdf

Download (529kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa dalam proses belajar mengajar, siswa cenderung kurang termotivasi dalam belajar karena proses pembelajaran yang monoton dan tidak melibatkan siswa secara langsung. Proses belajar yang tidak baik dan kurangnya persiapan guru dalam menyampaikan materi juga berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Media pembelajaran yang tepat sangat diperlukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa, terutama pada siswa usia dini karenaberada pada tahap operasional konkret. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media kartu soal papan geret terhadap kemampuan penjumlahan dan pengurangan siswa kelas I SDN Losari singosari Malang. .Penelitian ini menggunakan pendekatan dan jenis penelitian true eksperimental (eksperimen sesungguhnya) dengan desain penelitian Posttest-only control group design. Dengan menggunakan. Populasi penelitian ialah seluruh siswa SDN Losari Singosari Malang, sedangkan sampelnya yaitu kelas I-A 25 siswa menggunakan media konvensional dan kelas I-B 25 siswa mengunakan media kartu soal papan geret. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis (uji-t). Analisis uji normalitas dan homogenitas menggunakan nilai selisih antara nilai pretest dan posttest kedua kelas menunjukkan data berdistribusi normal dan homogen. Analisis uji T menggunakan nilai posttest menghasil rata-rata posttest pada siswa kelas eksperimen adalah 87,6, sedangkan nilai rata-rata posttest pada siswa kelas kontrol adalah 60,0. Hal tersebut menunjukkan adanya perbedaan hasil antara nilai siswa sebelum dan sesudah menerima perlakuan pada pada pembelajaran. Melalui hasil perhitungan dengan uji T pada hasil posttest maka diperoleh hasil Thitung adalah 9,714 dan Ttabel adalah 2,01, sehingga Ha diterima. Jadi, dapat disimpulkan ada pengaruh penggunaan media kartu soal papan geret terhadap kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Media, kartu soal papan geret, pengaruh, Penjumlahan dan Pengurangan, Media, Cards about attractiveness board, Difference, Addition and Reduction.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Jul 2019 06:25
Last Modified: 22 Jul 2019 06:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47229

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo