UMM Institutional Repository

ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 66 TAHUN 2013 KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG

Waskitho, Triyoni Agus (2016) ANALISIS PELAKSANAAN PENILAIAN BERDASARKAN PERMENDIKBUD NOMOR 66 TAHUN 2013 KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 9 MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triyoniagu-55178-1-pendahul-n.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triyoniagu-55178-2-babi.pdf

Download (421kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triyoniagu-55178-3-babii.pdf

Download (880kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-triyoniagu-55178-4-babiii.pdf

Download (270kB) | Preview

Abstract

Pelaksanaan Penilaian Pendidikan, Permendikbud No. 66 Th 2013 Standar penilaian pendidikan menurut Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 adalah standar nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen penilaian hasil belajar peserta didik. Standar ini digunakan untuk menjamin kualitas penilaian pendidikan, sedangkan penilaian pendidikan adalah proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk menentukan pencapaian hasil belajar peserta didik. Selanjutnya, Permendikbud Nomor 81A Tahun 2013 tentang Implementasi Kurikulum, khususnya pada lampiran IV tentang strategi penilaian disiapkan untuk memfasilitasi guru dalam mengembangkan pendekatan, teknik dan instrumen hasil belajar. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Penelitian deskriptif pada dasarnya membuat gambaran mengenai sesuatu atas kejadian, sehingga penelitian ini berkehendak mengadakan akumulasi data dasar. Berdasarkan permasalahan-permasalahan yang terjadi pada masa sekarang sehingga peneliti ingin menganalisa tentang data aktual tentang pelaksanaan Standar Nasional Pendidikan bidang penilaian di SD Muhammadiyah 9 Malang, sehingga jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan menggunakan pendekatan kualitatif. Penilaian hasil belajar oleh pendidik menurut Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013 harus dilakukan secara berkesinambungan yang bertujuan untuk memantau proses dan kemajuan belajar peserta didik serta untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka penerapan penilaian berdasarkan Standar Penilaian Pendidikan di kelas 4 SD Muhammadiyah 9 Malang belum semuanya sesuai dengan Permendikbud Nomor 66 Tahun 2013, karena dalam perencanaan, pelaksanaan, dan pelaporan yang dilakukan oleh guru kurang optimal. Kendala yang dihadapi sekolah dalam penerapan Standar Penilaian Pendidikan yaitu dalam membuat rancangan dan kriteria penilaian guru belum mengkaji silabus, maka untuk memenuhi Standar Penilaian Pendidikan diantaranya perlu dilakukan upaya seperti guru sering diikutkan dalam seminar atau pelatihan yang dilakukan oleh Dinas dan Gugus, guru-guru mengadakan pertemuan, kemudian didiskusikan, dibahas dan dipelajari bersama-sama dalam forum KKG.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 09390286
Keywords: Implementation Assessment, Permendikbud No. 66 of 2013
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Jul 2019 05:58
Last Modified: 22 Jul 2019 05:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47224

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo