UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SDN KAUMAN 2 MALANG

WAHYUNI, PEBRIANI DWI (2016) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK DI KELAS V SDN KAUMAN 2 MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pebrianidw-53923-1-pendahul-n.pdf

Download (402kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pebrianidw-53923-2-babi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pebrianidw-53923-3-babii.pdf

Download (299kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pebrianidw-53923-4-babiii.pdf

Download (346kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran tematik di SDN Kauman 2 Malang belum menerapkan multimedia interaktif yang dapat menunjang hasil belajar siswa kelas V sekolah dasar. Oleh karena itu, perlu dikembangkan multimedia interaktif agar hasil belajar siswa optimal dan pembelajaran lebih efektif. Penelitian ini bertujuan menghasilkan produk multimedia interaktif yang efektif untuk diterapkan pada siswa kelas V sekolah dasar. Penelitian pengembangan menggunakan model ADDIE. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Instrumen pengumpulan data menggunakan lembar wawancara, lembar observasi, angket validasi, dan angket respon siswa. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Pengembangan multimedia interaktif dengan pendekatan saintifik ditempuh dengan langkah: (1) analyze melakukan analisis kompetensi, materi, dan karakteristik siswa, (2) design merancang media untuk siswa, menentukan kompetensi, strategi pembelajaran, dan evaluasi pembelajaran, (3) development menyisipkan gambar, animasi, audio, teks, grafik, video, dan materi pada multimedia interaktif, kemudian melakukan validasi kepada ahli media pembelajaran, ahli materi, dan ahli materi pembelajaran SD,(4) implementation melakukan uji coba one to one (tiga siswa kelas V–A), uji coba kelompok kecil (12 siswa kelas V–B), dan uji lapangan (21 siswa kelas V–A), dan (5) evaluation memberikan soal pre−test dan post−test. Sedangkan efektivitas produk multimedia interaktif dinyatakan efektif oleh tiga validator dengan persentase 98% ahli media pembelajaran, ahli materi 94%, dan ahli materi pembelajaran SD 93%. Respon siswa uji coba one to one terhadap multimedia interaktif sangat baik, uji coba kelompok kecil diperoleh persentase 96%, sedangkan uji lapangan diperoleh persentase 97% dan mengalami peningkatan persentase ketuntasan post−test mencapai100% dengan KKM 70. Hasil penelitian multimedia interaktif dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif sangat efektif untuk diterapkan dalam pembelajaran tematik pada siswa kelas V sekolah dasar dan disarankan untuk dipergunakan sebagai acuan dalam mengembangkan media pembelajaran lain yang dapat mendukung keberhasilan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210430311245
Keywords: Pengembangan, Multimedia Interaktif, Pendekatan Saintifik, Model ADDIE
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:34
Last Modified: 18 Jul 2019 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47140

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo