UMM Institutional Repository

ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA KELAS III SDN LESANPURO 02 MALANG

ADITYA, ENGGA (2016) ANALISIS KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DISLEKSIA KELAS III SDN LESANPURO 02 MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggaadity-55174-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggaadity-55174-2-babi.pdf

Download (808kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggaadity-55174-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-enggaadity-55174-4-babiii.pdf

Download (971kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan rendahnya kemampuan membaca di SDN Lesanpuro 02 Malang. Siswa dikelas 3 seharusnya sudah mampu untuk menterjemahkan karakter huruf dan melafalkan dengan benar yang bermakna. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan tentang kemampuan membaca masing-masing siswa disleksia yang diteliti sesuai dengan instrumen-instrumen yang telah dikembangkan, (2) bagaimana meningkatkan kemampuan membaca berdasarkan metode yang ada dan sesuai dengan kondisi siswa dan mensinkronkan dengan apa yang telah dilakukan oleh guru kelas terhadap siswa tersebut. Penelitian ini menggunakan metode analisis diskriptif dan dengan pendekatan studi kasus. Subjek penelitian berjumlah 4 anak disleksia yang duduk dikelas 3, dilaksanakan pada tanggal 14 Maret s/d 02 April 2016. Teknik pengumpulan data antara lain dengan lembar observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian berdasarkan temuan dilapangan yaitu kemampuan membaca siswa disleksia yaitu mempunyai kesulitan dalam mengingat nama-nama huruf, ragu-ragu dalam memilih kata-kata, dalam aspek membaca vokal rangkap masih bisa dikuasai, membaca gabungan huruf diftong bisa mereka baca, tetapi membutuhkan waktu yang cukup lama, dan yang paling nampak ialah siswa disleksia ini sering kali mengalami kebingungan dengan huruf yang serupa, sebagai contoh, b diganti menjadi d, m diganti menjadi n, f diganti menjadi t sering terjadi. Guna meningkatkan kemampuan membaca menggunakan beberapa metode yang sesuai dengan karakteristik siswa disleksia. Oleh karena itu, dalam melatih kemampuan membaca siswa hendaknya guru menggunakan metode yang tepat dan media pembelajaran yang menarik agar siswa yang mengalami kesulitan membaca akan terbantu sehingga dalam proses pembelajaran siswa lebih memahaminya.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210430311116
Keywords: Analisis, disleksia, kemampuan membaca.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 18 Jul 2019 02:22
Last Modified: 18 Jul 2019 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/47138

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo