UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

Setyawan, Dwi (2017) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INQUIRI BERBASIS LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR PADA MATAKULIAH PENGETAHUAN LINGKUNGAN PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. In: Prosiding International Conference On Lesson Study University of Muhammadiyah Malang. Universitas Muhammadiyah Malang, Malang, pp. 44-50. ISBN 978-979-796-264-7

[img]
Preview
Text
Peer Review - Setyawan - Inquiri Kritis Hasil Lesson Study.pdf

Download (864kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Setyawan - Inquiri Kritis Hasil Lesson Study.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Setyawan - Inquiri Kritis Hasil Lesson Study.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar menjadi aspek yang ditingkatkan dalam upaya mengembangkan disiplin intelektual dan ketrampilan yang dibutuhkan peserta didik. Cara menyampaikan pembelajaran dengan mengembangkan berfikir ilmiah dimana peserta didik mengasimilasi suatu konsep atau prinsip, mengamati, menggolongkan, membuat dugaan, menjelaskan, mengukur, dan membuat kesimpulan untuk membantu memecahkan masalah atas pertanyaan-pertanyaan dan rasa ingin tahu, sehingga peserta didik mampu mengasah kemampuan berpikirnya dan mampu mencapai tujuan pembelajaran yang diharapkan. Penelitian ini bertujuan; mengetahui perbedaan dan menganalisis peningkatan kemampuan berfikir kritis dan hasil belajar peserta didik setelah diterapkan model pembelajaran inquiri. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kelima aspek kemampuan berpikir kritis; 1) mendifinisikan masalah, 2) pemahaman tentang kedalaman dan keluasan masalah, 3) sikap terhadap sudut pandang yang berbeda, 4) identifikasi konsep, dan 5) merumuskan alternatif pemecahan masalah meningkat dan dikategori sedang atau mencapai kategori cukup, sedangkan hasil belajar enunjukkan semua mahasiswa mengalami ketuntasan belajar.

Item Type: Book Section / Proceedings
Keywords: Inquiri, Kritis, Hasil, Lesson Study
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Dwi Setyawan
Date Deposited: 15 Jul 2019 07:21
Last Modified: 15 Jul 2019 07:21
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46991

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo