UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DENGAN SISWA TUNARUNGU PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH LAMONGAN

MAFTUKHAN, MAFTUKHAN (2016) KOMUNIKASI NONVERBAL GURU DENGAN SISWA TUNARUNGU PADA PEMBELAJARAN DI SEKOLAH LUAR BIASA MUHAMMADIYAH LAMONGAN. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maftukhan-46315-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maftukhan-46315-2-babi.pdf

Download (253kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maftukhan-46315-3-babii.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-maftukhan-46315-4-babiii.pdf

Download (323kB) | Preview

Abstract

Anak dengan kebutuhan khusus tunarungu memiliki kebutuhan spesial dalam pendidikan yang tidak bisa dipenuhi oleh sekolah normal pada umumnya. Keberadaan guru di sekolah luar biasa menjadi sebuah panasea tersendiri bagi anak berkebutuhan khusus pada umumnya dan anak tunarungu pada khususnya. Maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahuiupaya komunikasi guru dalam meningkatkan kelancaran komunikasi interpersonal pada anak tunarungu sekaligus untuk mengetahui kendala komunikasi guru dalam meningkatkan kelancaran komunikasi interpersonal pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah di Kota Lamongan. Pendekatan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Komunikasi interpersonal didefinisikan oleh A. Devito dalam bukunya The Interpersonal Communication book. (Devito,1989:4) sebagai proses pengiriman dan penerimaan pesan-pesan antara dua orang atau di antara sekelompok kecil orang-orang, dengan beberapa efek dan beberapa umpan balik seketika. Peneliti menggunakan metode kualitatif tipe deskriptif. Teknik penetapan informan mengunakan teknik purposivesampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Adapun teknik analisis data digunakan analisis interaktif model Miles dan Huberman(Sugiono, 2009), yang meliputi reduksi data, penyajian data dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa, upaya guru dalam meningkatkan kelancaran komunikasi interpersonal pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kota Lamongan adalah dengan menggunakan komunikasi nonverbal tipe illustrator, karena lebih mudah diajarkan pada anak dan rujukannnya juga jelas. Selain itu tipe komunikasi emblim juga diterapkan di SLB Muhammadiyah Kota Lamongan. Kemudian komunikasi tipe regulator pada anak penyandang tunarungu, seperti gerakan yang berfungsi mengarahkan,mengawasi, mengkoordinasi, interaksi dengan seksama. Kendala guru dalam meningkatkan kelancaran komunikasi interpersonal pada anak tunarungu di SLB Muhammadiyah Kota Lamongan adalah meliputi daya tangkap yang terbatas dan penyampaian informasi kepada guru atau lawan bicara yang tidak maksimal dan sulit untuk dimengerti. Selain itu seringnya terjadi kesalahpahaman ketika menyampaikan informasi karena keterbatasan dan ketiadaan keseragaman dalam penggunaan media komunikasi. Siswa tunarungu lebih banyak menggunakan abjad jari saja atau tulisan untuk mengatasi kesulitan

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Komunikasi Guru, Pembelajaran di Sekolah Luar Biasa Muhammadiyah Lamongan
Subjects: H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Jun 2019 04:45
Last Modified: 26 Jun 2019 04:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46637

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo