UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TERHADAP PENDIDIKAN POLITIK (Studi Fenomenologi pada Siswa SMA Negeri 3 Malang)

Putra, Basuki Agus Priyana (2019) KONSTRUKSI SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) TERHADAP PENDIDIKAN POLITIK (Studi Fenomenologi pada Siswa SMA Negeri 3 Malang). PhD (S3) thesis, University Of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
PENDAHULUAN.pdf

Download (514kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB I .pdf

Download (222kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB II .pdf

Download (662kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB III .pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB IV .pdf

Download (366kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB V .pdf

Download (263kB) | Preview
[img]
Preview
Text
BAB VI .pdf

Download (94kB) | Preview

Abstract

Muncul fenomena menarik terkait relasi antara siswa SMA, sekolah, orang tua siswa, dan pemerintah. Relasi antara siswa dan sekolah memunculkan kecenderungan siswa semakin banyak menghabiskan waktunya di sekolah. Selain itu, mayoritas orang tua gencar mendorong putra-putrinya untuk berkegiatan fisik dan berorganisasi, bahkan ‘berpolitik’ di lingkup sekolah. Fenomena lain menunjukkan upaya pemerintah secara politis menyiapkan siswa menjadi warga negara secara utuh, termasuk dalam urusan politik. Fenomena tersebut menginspirasi untuk diteliti. Rumusan masalah penelitian ini “Bagaimana konstruksi siswa Sekolah Menengah Atas terhadap pendidikan politik?”. Penelitian ini merupakan studi fenomenologi dengan tujuan mendeskripsikan dan memahami konstruksi siswa SMA terhadap pendidikan politik. Selanjutnya, menemukan proposisi terkait dengan konstruksi pendidikan politik merupakan kegunaan penelitian secara teoritis. Penelitian kualitatif ini berparadigma definisi sosial dengan pertimbangan kekhasan masalah yang diteliti, subjek penelitian, dan metode penelitian yang dipilih. Dalam analisisnya digunakan teori konstruktivisme Jean Piaget dan teori konstruksi sosial Berger dan Luckmann. Lokasi penelitian berada di SMA Negeri 3 Malang, dengan subjek penelitian siswa yang menjabat sebagai Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) dan Ketua Perwakilan Kelas (PK). Sebagai informan yaitu guru PKn dan orang tua siswa. Berdasarkan data yang diperoleh dapat dipaparkan bahwa konstruksi siswa SMA terhadap pendidikan politik berupa konsep pendidikan politik, implementasi, objek, dan manfaatnya. Dalam operasi kecerdasan Piaget, konstruksi tersebut mengikuti pola tekanan lingkungan eksternal, reflektif, keadaan tidak lengkap, groping, dan asimilasi. Selanjutnya, berdasarkan teori Berger dan Luckmann, konstruksi siswa terhadap pendidikan politik mengikuti dialektika dengan momen eksternalisasi, objektivasi, internalisasi, sosialisasi, dan resosialisasi hingga membentuk cadangan pengetahuan. Proposisi-proposisi yang ada mengarah pada temuan berupa teori konstruksi ganda pendidikan politik. Asumsi pokoknya adalah konstruksi ganda untuk menghasilkan definisi ulang merupakan perpaduan antara operasi kecerdasan tekanan lingkungan eksternal, refleksi, keadaan tidak lengkap, groping, dan asimilasi serta proses konstruksi yang memerlukan cadangan pengetahuan untuk menjalani eksternalisasi, objektivasi, internalisasi, sosialisasi, dan resosialisasi. Simpulannya, konstruksi siswa SMA terhadap pendidikan politik berupa konsep, implementasi, objek, dan manfaat, mengikuti lima operasi kecerdasan teori konstruktivisme Piaget seperti tekanan lingkungan eksternal, reflektif, keadaan tidak lengkap, groping, dan asimilasi. Selanjutnya, konstruksi siswa SMA terhadap pendidikan politik menerapkan dialektika antara individu (siswa SMA), masyarakat (organisasi siswa), dan pengetahuan (pendidikan politik) yang berlangsung dalam urutan momen eksternalisasi, objektivasi, dan internalisasi, sedangkan ‘keluaran’ mengikuti momen sosialisasi dan resosialisasi hingga stock of knowledge.

Item Type: Thesis (PhD (S3))
Student ID: 201310450111001
Keywords: berorganisasi, berpolitik, SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Postgraduate > Doctor of Social and Political Science (67001)
Depositing User: Moh. Zawawi
Date Deposited: 15 Jun 2019 04:26
Last Modified: 15 Jun 2019 04:26
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46429

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo