UMM Institutional Repository

KOMPARASI PROGRAM DAKWAH TELEVISI SWASTA INDONESIA (ANALISIS ISI PROGRAM ACARA “ISLAM ITU INDAH” DI TRANS TV DAN “MAMA DAN AA” DI INDOSIAR)

MURSYID, ABDUL JALIL (2016) KOMPARASI PROGRAM DAKWAH TELEVISI SWASTA INDONESIA (ANALISIS ISI PROGRAM ACARA “ISLAM ITU INDAH” DI TRANS TV DAN “MAMA DAN AA” DI INDOSIAR). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abduljalil-46324-1-pendahul-n.pdf

Download (601kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abduljalil-46324-2-babi.pdf

Download (561kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abduljalil-46324-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abduljalil-46324-4-babiii.pdf

Download (796kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan manusia akan rohani ini pada zaman sekarang banyak didukung oleh berbagai media yang ada. Manusia adalah satu-satunya mahluk yang memiliki kemampuan untuk memahami dan mengamalkan nilai agamanya. Indosar dan Trans TV menampilkan program dakwah yang mana di dua program dakwah “Islam Itu Indah” dan “Mama dan Aa Beraksi”, penyampaian dakwah yang tidak kaku dengan adanya audience. Namun, selingan yang didapati sangat minim subtansi jika dilihat secara sekilas. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi. Penghitungan yang dilakukan menggunakan rumus holsti dan scoot untuk mengukur reliabilitas antar koder. Chi square kuadrat digunakan untuk menentukan persentase perbedaan antara dua program dakwah ini. Komparasional bivariat digunakan untuk mengukur perbedaan dan kecenderungan program dakwah. Teori hirarki isi media merupakan sebuah teori yang membahs tentang isi media yang dipengaruhi oleh beberapa aspek. Teori hirarki pengaruh isi media (Theories of influences on Mass Media Content) diperkenalkan oleh Pamela J Shoemaker dan Stephen D. Reese. Teori ini menjelaskan tentang pengaruh terhadap isi media pada suatu pemberitaan, baik dari pengaruh internal dan maupun eksternal. Shoemaker dan Reese membagi kepada beberapa level pengaruh isi media. Yaitu pengaruh dari individu pekerja media ( individual level), pengaruh dari rutinitas media (media routines level), pengaruh dari organisasi media ( organizational level), pengaruh dari luar media (outside media level), dan yang terakhir adalah pengaruh ideologi (ideology level) (Shoemaker, 1996:60). Sesuai dengan hasil penelitian dinyatakan bahwa pada kasus komparasi kedua program dakwah ini terdapat perbedaan yang sangat signifikan antara program dakwah “Islam itu Indah” dan “Mama dan Aa”. Melalui penghitungan tabel distribusi chi kuadrat dengan tingkat siginfikansi 0,05 dan derajat kebebasan sebesar 15 dinyatakan perbedaan yang ada sebesar 49,31% hal ini nampak pada perbedaan bentuk penyampaian dakwah dan isi dakwah yang dibawakan berbeda hasil. Terkait metode dan isi dakwah yang disampaikan cenderung sama pada metode persuasif dan isi dakwah tentang muamalah. Kecenderungan memang pada point yang sama hal ini dikarenakan perbedaan kuantitas materi dakwah yang disampaikan. Kedua program dakwah memiliki kecenderungan isi dakwah yang berbeda serta penyajian dakwah yang berbeda. Presentase yang muncul menunjukkan ha yang sangat berbeda. Tidak hanya itu, isi dakwah yang disampaikan tidak selalu memperhatikan subtansi dakwah, namun terkesan hanya untuk memenuhi pundi rupiah dari media itu sendiri. Masyarakat yang menjadi audience hanya menerima apa yang diberikan media tanpa ikut aktif. Ketika aktif pun porsi da’i untuk menyampaikan dakwahnya cenderung sangat sedikit karena dimasukkan iklan dan seagainya yang tidak ada hubungannya sama sekali dengan dakwah yang disampaikan.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Analisi isi, Komunikasi strategi dakwah, program dakwah, televisi swasta.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2019 02:32
Last Modified: 17 May 2019 02:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46179

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo