UMM Institutional Repository

POLA JARINGAN KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS SUPORTER SEPAKBOLA DALAM MENJAGA SOLIDARITAS ANTAR ANGGOTA (studi pada anggota United Indonesia Malang)

Fachrurrazi, Fajar (2016) POLA JARINGAN KOMUNIKASI DALAM KOMUNITAS SUPORTER SEPAKBOLA DALAM MENJAGA SOLIDARITAS ANTAR ANGGOTA (studi pada anggota United Indonesia Malang). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarfachr-46326-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarfachr-46326-2-babi.pdf

Download (244kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarfachr-46326-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fajarfachr-46326-4-babiii.pdf

Download (421kB) | Preview

Abstract

Sebagaimana telah diketahui bahwa komunitas pecinta Manchester United di kota malang bukan Cuma United Indonesia Malang melainnya ada dua rifal pecinta Manchesr United di kota Malang, Yaitu IndoManUnited dan United Army Malang. Bukan hal mudah bagi seorang Leader dari komunitas ini untuk tetap bisa mempertahankan dan meyakinkan para anggotanya agar tetap bersama Komunitas United Indonesia Malang agar tetep menjaga solidaritas antar anggotanya. Untuk menjawab rumusan masalah yang dikemukakan tentang pola jaringan komunikasi, Peneliti menggunakan pendekatan teori komunikasi kelompok dan komunikasi interpersonal selain itu itu juga menggunakan pendekatan teori yang dijelaskan oleh Joseph A. Devito yaitu terdapat lima pola aliran pola komunikasi diantaranya pola pola lingkaran, pola roda, pola huruf Y, pla rantai dan pola semua saluran. peneliti menggunakan teori Jaringa komunikasi, dengan menguji pola-pola interaksi ini untuk melihat siapa yang berkomunikasi dengan siapa. Karena tidak ada seorang pun yang berkomunkasi dengan sama dengan semua anggota organisasi, dapat dilihat hubungan komunikasi kelompok-kelompok yang saling berhubungan untuk membentuk keseluruhan jaringan organisasi. Peneliti menggunakan pendekatan deskriftif dengan jenis penelitian Kualitatif dan menggunakan metode analisi jaringan yang merupakan studi cara struktur sosial dari hubungan sekitar seseorang, kelompok atau organisasi yang mempengaruhi keyakinan atau prilaku. Ruaang lingkup anggota yang aktif dalam komunitas United Indonesia Malang Dalam Berbagai Kegiatan. Teknik pengumpulan data dengan melakukan obserfasi kemudian wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan sosiogram yang mengandung indikasi jenis jaringan arus informasi, anggota jaringan, pemisah, orang yang berposisi sebagai pemuka pendapat, jaringan ulama dan sub jaringannya . Dari hasil penelitian yang telah dilakukan pada komunitas tersebut terdapat sebuah pola jaringan komunikasi yang menunjukan adanya beberapa peranan pada setiap anggota komunitas tersebut. Disamping itu pola jaringan komunikasi yang terbentuk juga dapat diambil dua klik, klik yang pertama klik United 1 yang menunjukan pola jaringan roda, sedangkan klik yang kedua atau klik United 2 menunjukan pola jaringan lingkaran. Hasil penelitian tersebut tentu berdasarkan dari draf pertanyyan yang kemudian telah dijawab oleh 7 informan yang kemudian dijadikan kedam sebuah table matrik dan terbentuklah pola jaringan komuniasi seperti diatas. Peneliti dapat mengambil kesimpulkan bahwa faktor terbentuknya suatu jaringan komunikasi dalam komunitas tersebut adalah seringnya para anggota komunitas tersebut berkumpul secara rutin, dan juga aktifnya media sosial yang mereka gunakan sebagai alat berkomunikasi sesame anggota, serta menunjukan bahwa masih adanya ketergantungan kepimpinan terhadap satu sosok nama Wira Yudha seperti yang terdapat pada penelitian diatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Pola Jaringan Komunikasi, Solidaritas United Indonesia Malang,
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 17 May 2019 02:24
Last Modified: 17 May 2019 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46177

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo