UMM Institutional Repository

Pembingkaian Berita Penangkapan Wakil Ketua KPK di Media Online (Studi pada Kompas.com dan Vivanews.com edisi tanggal 23 Januari 2015 sampai 29 Januari 2015)

Raharjo, Gusti Tri (2016) Pembingkaian Berita Penangkapan Wakil Ketua KPK di Media Online (Studi pada Kompas.com dan Vivanews.com edisi tanggal 23 Januari 2015 sampai 29 Januari 2015). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustitrira-46561-1-pendahul-n.pdf

Download (376kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustitrira-46561-2-babi.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustitrira-46561-3-babii.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-gustitrira-46561-4-babiii.pdf

Download (80kB) | Preview

Abstract

Kasus penangkapan wakil ketua KPK, Bambang Widjojanto oleh Polisi adalah salah satu kasus yang banyak menyita perhatian masyarakat. Peneliti melihat kasus ini menarik untuk diteliti dikarenakan penangkapan wakil ketua KPK ini terjadi tidak lama setelah Komisi Pemberantasan Korupsi menetapkannya Komjen Budi Gunawan sebagai tersangka atas kepemilikan rekening gendut pada Selasa 13 Januari 2015. Bagaimana kedua media online, dalam hal ini adalah kompas.com dan vivanews.com mengungkap fakta dan realitas yang nantinya bisa mempengaruhi opini publik yang sangat berbeda dari realitas berita itu sendiri. Untuk mengetahui bagaimana media dalam mengkonstruksi realitas itu, analisis yang digunakan adalah analisis framing. Framing menurut Zhongdang Pan dan Gerald M Kosicki adalah proses membuat suatu pesan lebih menonjol, menempatkan informasi lebih daripada yang lain sehingga khalayak lebih tertuju pada pesan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana framing yang dilakukan kompas.com dan vivanews.com terhadap berita penangkapan Wakil Ketua KPK, ada kerangka yang dimainkan media tersebut sehingga pemberitaan mempunyai nilai lebih terhadap persoalan yang muncul. Hasil penelitian dari framing yang dilakukan kompas.com dan vivanews.com menunjukkan bahwa kedua situs berita ini memperlihatkan keberpihakan kepada KPK dalam penulisan artikelnya. Yang berbeda pada kedua situs berita ini adalah opini yang coba disisipkan pada artikel beritanya. Pada kompas.com, opini terhadap Jokowi dan kinerja pemerintah yang buruk banyak terlihat pada beberapa penulisan artikelnya. Berbeda dengan vivanews.com, situs berita ini terlihat menggambarkan citra partai lain sebagai citra partai yang buruk, dalam hal ini adalah Partai PDI-P yang menjadi pesaing Partai Golkar, yang tidak lain Ketua Partainya adalah pemilik dari situs berita vivanews.com. Penelitian ini menyimpulkan bahwa framing pada berita penangkapan Wakil Ketua KPK yang dilakukan kompas.com dan vivanews.com sangat berbeda. Perbedaan terlihat pada bagaimana kedua media online tersebut menyusun fakta peristiwa, mengisahkan berita, menuliskan fakta dan menekankan fakta. Framing yang dilakukan kompas.com lebih tertuju untuk menjadikan beritanya sebagai komoditas atau barang dagangan sebagai alat mendapatkan keuntungan. Sementara framing yang dilakukan vivanews.com terlihat berpihak pada kepentingan pemilik media.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: framing, media online, ekonomi politik media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 07 May 2019 01:35
Last Modified: 07 May 2019 01:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46040

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo