UMM Institutional Repository

BINGKAI MEDIA ONLINE PADA PEMBERITAAN DUKUNGAN PARPOL TERHADAP AHOK JELANG PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 (Analisis Framing pada Kompas.com dan Mediaindonesia.com)

Barnades, Firda Elvania (2016) BINGKAI MEDIA ONLINE PADA PEMBERITAAN DUKUNGAN PARPOL TERHADAP AHOK JELANG PEMILIHAN GUBERNUR DKI JAKARTA 2017 (Analisis Framing pada Kompas.com dan Mediaindonesia.com). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdaelvan-46588-1-pendahul-n.pdf

Download (810kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdaelvan-46588-2-babi.pdf

Download (258kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdaelvan-46588-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-firdaelvan-46588-4-babiii.pdf

Download (417kB) | Preview

Abstract

Pemberitaan media online juga turut dipengaruhi oleh ideologi pemilik media. Pengaruh tersebut terlihat dari framing berita yang dilakukan oleh media. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bagaimana media mem-framing berita untuk menyampaikan sebuah peristiwa. Penelitian ini menggunakan teori Hirarkhi Pengaruh Isi Media. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian interpretatif. Objek penelitian menggunakan media online nasional yaitu Kompas.com.com dan Mediaindonesia.com. Dengan periode berita tanggal 3, 8 dan 9 Agustus pada kompas.com dan tanggal 4, 7 dan 9 Agustus pada mediaindonesia.com. Framing yang digunakan penelitian ini adalah model analisis framing milik Pan dan Kosicki. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa framing yang dilakukan oleh kompas.com dan mediaindonesia.com adalah kedua media pada dasarnya sama-sama mendukung Ahok disetiap pemberitaan. Tetapi masing-masing media tersebut mempunyai cara tersendiri untuk mengangkat dukungan tersebut kedalam sebuah berita. salah satunya, kompas.com dalam pemberitannya berusaha untuk tidak memojokkan pihak dari lawan Ahok tetapi tetap tidak menghilangkan makna pemberitaan bahwa pemberitan tersebut mendukung Ahok dengan cara lebih menggunakan unsur kata ganti dalam pemberitaannya. Berbeda dengan mediaindonesia.com yang pemberitannya terkesan lebih frontal dalam menilai lawan dari Ahok karena dilihat dari pemilihan kata yang terkesan ceplas-ceplos dalam menilai lawan Ahok.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Framing, Ideologi media, Media online, Teori Hirarkhi Isi Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Apr 2019 09:23
Last Modified: 29 Apr 2019 09:23
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46021

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo