UMM Institutional Repository

AKTIVITAS KAMPANYE SAFETY RIDING SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi pada Marketing Communication & Development Division PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang)

Setyabuwono, Dennies Adryan (2016) AKTIVITAS KAMPANYE SAFETY RIDING SEBAGAI BAGIAN DARI KOMUNIKASI PEMASARAN (Studi pada Marketing Communication & Development Division PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denniesadr-46598-1-pendahul-n.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denniesadr-46598-2-babi.pdf

Download (52kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denniesadr-46598-3-babii.pdf

Download (80kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-denniesadr-46598-4-babiii.pdf

Download (71kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang aktivitas kampanye safety riding yang dilaksanakan PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang. Aktivitas kampanye safety riding termasuk dalam salah satu program komunikasi pemasaran PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang. Aktivits komunikasi pemasaran memiliki peran yang sangat penting dalam perusahaan terutama jika melihat persaingan industri otomotif di Indonesia. Hal ini menggambarkan bahwa pelaku industri otomotif dianggap perlu untuk memiliki strategi dalam mempromosikan atau mengkomunikasikan produk yang beredar dipasaran melalui strategi komunikasi pemasaran. Maka dari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas kampanye safety riding sebagai bagian dari komunikasi pemasaran yang dijalankan PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang. Menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2009), komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen sacara langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Kampanye merupakan serangkaian tindakan komunikasi yang terencana dengan tujuan menciptakan efek tertentu pada sejumlah besar khalayak yang dilakukan secara berkelanjutan secara kurun waktu tertentu”, Rogers dan Storey dalam buku “Kampanye Public Relations” oleh Ruslan (2007). Pada definisi ini maka aktivitas kampanye mengandung empat hal yakni (1) kampanye bertujuan menciptakan efek atau dampak tertentu (2) khalayak sasaran yang besar (3) dipusatkan dalam kurun waktu tertentu (4) melalui serangkaian tindakan komunikasi teroganisir. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sumber data yang digunakan selama penelitian berupa data primer dan sekunder. Untuk teknik pengumpulan data peneliti memperoleh informasi dan data melalui proses wawancara dengan didukung dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif milik Miles Huberman yang mencakup tentang reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kemudian, uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi teknik. Temuan peneliti adalah program komunikasi pemasaran melalui aktivitas kampanye safety riding mencakup seluruh program komunikasi pemasaran, yaitu yang pertama advertising dengan memberikan product knowledge, penyebaran leaflet dan periklanan melalui media luar ruang. Kedua adalah kegitan personal selling melalui penyediaan booth penjualan produk Honda. Ketiga kegiatan sales promotion melalui pemberian diskon, hadiah dan bonus setiap pembelian produk Honda. Keempat kegiatan public relations melalui publikasi kegiatan di media massa dan kerjasama dengan corporate. Dan yang kelima adalah kegiatan direct marketing melalui siaran radio interaktif. Program komunikasi pemasaran yang dilaksanakan PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang lebih menonjolkan aktivitas advertising dan public relations untuk meningkatkan brand awareness para konsumen untuk dapat mendorong penjualan produk Honda. Sedangkan aktivitas kampanye safety riding yang dilakuakn PT. Mitra Pinasthika Mulia Malang merupakan kegiatan yang dibuat secara terstruktur untuk membentuk persepsi atau opini positif yang bertujuan meningkatkan kepercayaan dan citra baik perusahaan dimata masyarakat atau konsumen dan membujuk konsumen untuk membeli produk yang perusahaan pasarkan. Selain itu aktivitas kampanye safety riding merupakan kampanye komersil yang dikemas dalam kampanye sosial, karena di dalam kampanye tersebut terdapat muatan iklan produk dan penyuluhan atau sosialisasi mengenai keselamatan berkendara bagi para konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Kampanye, Aktivitas Kampanye, Komunikasi, Komunikasi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 29 Apr 2019 06:32
Last Modified: 29 Apr 2019 06:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo