UMM Institutional Repository

KECENDERUNGAN EKSPOSE KARAKTER PEREMPUAN PROFESIONAL DI MEDIA SOSIAL ( Analisis isi pada Akun Instagram @Dagelan pada Gambar tentang Profesi Periode Minggu ke-I Agustus 2015 sampai dengan Minggu ke-IV November 2015)

Wulandari, Retno (2016) KECENDERUNGAN EKSPOSE KARAKTER PEREMPUAN PROFESIONAL DI MEDIA SOSIAL ( Analisis isi pada Akun Instagram @Dagelan pada Gambar tentang Profesi Periode Minggu ke-I Agustus 2015 sampai dengan Minggu ke-IV November 2015). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-retnowulan-46302-1-pendahul-n.pdf

Download (443kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-retnowulan-46302-2-babi.pdf

Download (271kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-retnowulan-46302-3-babii.pdf

Download (778kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-retnowulan-46302-4-babiii.pdf

Download (416kB) | Preview

Abstract

Penggunaan media sosial yang tak lagi hanya untuk berinteraksi namun juga untuk mempengaruhi opini publik, dapat kita lihat pada akun media sosial Instagram @Dagelan. @Dagelan memiliki followers sejumlah 6,9 Million followers dan merupakan salah satu akun Instagram tanah air yang aktif membahas meme perempuan. Pesan yang disampaikan @Dagelan melalui gambar dan caption menjatuhkan seseorang atau kelompok tertentu. Dari latar belakang inilah, peneliti tertarik menguji dan menganalisis kecenderungan ekspose karakter perempuan yang paling sering muncul dalam akun Instagram @Dagelan dan seberapa besar frekuensi kemunculannya. Pendekatan yang digunakan peneliti yaitu pendekatan kuantitatif. Tipe penelitian yang dipilih yaitu deskriptif kuantitatif dengan dasar penelitian analisis isi kuantitatif. Ruang lingkup penelitian ini adalah gambar dan caption pada gambar tentang Profesi mulai minggu ke-I Agustus 2015 sampai minggu ke-IV November 2015 sejumlah 19 gambar dan caption. Unit analisis penelitian ini yaitu gambar dan caption tentang Profesi lalu dikaitkan dengan kecenderungan ekspose karakter perempuan sesuai dengan struktur kategori. Hasil uji reliabilitas dan analisis data menunjukkan bahwa kategori kecenderungan ekspose karakter perempuan dengan Ekspresi Wajah melalui Tatapan Mata memiliki frekuensi kemunculan rata-rata pertama yaitu sebanyak 4 gambar atau 21,05% kemunculan. Frekuensi kemunculan rata-rata kedua yaitu karakter perempuan Emosional sebanyak 3 gambar atau 15,78% dan Ekspresi Wajah Senyuman Genit sebanyak 3 atau 15,78%. Kategori frekuensi kemunculan rata-rata ketiga adalah karakter perempuan Feminim sebanyak 2 gambar atau 10,52% dan karakter perempuan Mengasuh dengan gambar dan prosentase yang sama sebanyak 2 gambar atau 10,52% kemunculan. Terakhir, kategori kecenderungan ekspose karakter perempuan Fleksibel memiliki 1 gambar frekuensi kemunculan atau 5,26%. Karakter perempuan Kerjasama memiliki frekuensi sejumlah 1 gambar atau 5,26% kemunculan. Frekuensi kemunculan karakter perempuan Selalu Mengalah sejumlah 1 gambar atau 5,26%. Kategori karakter perempuan Gesture memainkan rambut memiliki 1 gambar atau 5,26% frekuensi kemunculan, dan Gesture membusungkan dada memiliki frekuensi sejumlah 1 atau 5,26% kemunculan. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa frekuensi kecenderungan ekspose karakter perempuan yang sering muncul pada akun Instagram @Dagelan periode minggu ke-I bulan Agustus 2015 sampai dengan minggu ke-IV november 2015 rata rata yang sering muncul adalah kecendrungan ekspose karakter perempuan Ekspresi Wajah melalui senyuman genit. Ketiga , rata-rata yang sering muncul yakni karakter perempuan Feminim dan Mengasuh. Rata rata yterakhir yang sering muncul yakni karakter perempuan Fleksibel.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Karakter Perempuan, Instagram, @Dagelan, Analisis Isi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Apr 2019 06:35
Last Modified: 26 Apr 2019 06:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/46005

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo