UMM Institutional Repository

MOTIF MASYARAKAT MENONTON PROGRAM ACARA DIALAOG KESEHATAN DI LPPL ATV (Studi Pada Anggota Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Batu)”.

Kristiawan, Andik (2016) MOTIF MASYARAKAT MENONTON PROGRAM ACARA DIALAOG KESEHATAN DI LPPL ATV (Studi Pada Anggota Yayasan Jantung Sehat Indonesia Cabang Batu)”. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikkrist-45285-1-pendahul-n.pdf

Download (887kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikkrist-45285-2-babi.pdf

Download (341kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikkrist-45285-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andikkrist-45285-4-babiii.pdf

Download (245kB) | Preview

Abstract

Keberadaan televisi lokal memberikan solusi bagi para masyarakat untuk mencari dan mendapatkan informasi yang mereka perlukan di daerahnya masing–masing tentunya. Adanya televisi lokal juga membuka lapangan pekerjaan baru dan juga pula memberi kemungkinan bagi para rumah–rumah produksi atau Production House untuk memasok program–program televisi. Keberadaan televisi lokal memberikan kesempatan bagi para instansi atau Lembaga Sosial Masyarakat (LSM) untuk menyampaikan informasi yang berkaitan dengan publik setempat.ATV juga menjalin kerja sama dengan berbagai lembaga–lembaga terkait yang ada di kota batu, Salah satu kerja sama dengan lembaga swasta adalah bekerja sama dengan yayasan jantung sehat Indonesia cabang Batu. Kerja sama ini dibingkai dalam program talk show yang bernama DIALOG. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui motif anggota yayasan jantung sehat Indonesia cabang Batu dalam menonton program acara dialog kesehatan. Penelitian menggunakan metode kualitatif. penelitian kualitatif dimulai dari lapangan yang berdasarkan pada realitas yang telah terjadi, data dan informasi yang diperoleh dari lapangan ditarik makna dan konsepnya tanpa menggunakan angka, lebih menekankan pada pemahaman secara mendalam, penelitihanya menjelaskan apa motif anggota yayasan jantung sehat cabang Batu dalam menonton program acara dialog kesehatan jantung. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah melalui wawancara mendalam dengan subyek penelitian, tujuan dari wawancara jenis ini adalah untuk menemukan permasalahan secara lebih terbuka, dimana pihak yang diajak wawancara diminta pendapat. Selanjutnya akan di analisis dengan cara merangkum, memilih hal–hal yang pokok, hal yang penting dan dicari tema dan polanya, kemudian menyajikan data yang dilakukan dalam bentuk uraian singkat yang kemudian dilakukan dengan menarik kesimpulan. Dari hasil penelitian yang diperoleh, audiens memilih program acara dialog kesehatan jantung sehat karena dianggap sesuai dengan kebutuhannya akan informasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan kesehatan jantung. Motif mereka menonton program acara dialog kesehatan adalah motif Survelience (motif informasi), motif yang berhubungan dengan dorongan individu mencari informasi, dari beberapa subyek penelitian mereka menyatakan bahwa mereka menonton program acara dialog kesehatan jantung adalah untuk menambah informasi dan pengetahuan, meskipun jika dilihat dari latar belakang responden, tujuh dari sembilan respoden tidak atau sedang mengalami penyakit jantung, mereka sadar akan pentingnya menjaga kesehatan terutama kesehatan jantung. Yang membuat daya tarik dari program tersebut adalah, adanya berbagai muatan informasi tentang penjelasan kesehatan dan penyakit jantung,selain itu adanya interaktif via telefon secara langsung antara narasumber atau dokter dengan audiens yang memungkinkan untuk bertanya jawab.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Televisi Lokal, ATV, Dialog, Yayasan Jantung Sehat
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Apr 2019 06:55
Last Modified: 24 Apr 2019 06:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45974

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo