UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi Pada Mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Angkatan 2015)

Chotimah, Chusnul (2016) KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA ASING DI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG (Studi Pada Mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) Angkatan 2015). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chusnulcho-45290-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chusnulcho-45290-2-babi.pdf

Download (497kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chusnulcho-45290-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chusnulcho-45290-4-babiii.pdf

Download (339kB) | Preview

Abstract

Komunikasi adalah aktivitas dasar manusia. Hampir seluruh kegiatan manusia dalam keseharianya melakukan komunikasi. Fenomena yang diambil peneliti pada komunikasi antarbudaya adalah pada mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) di Universitas Muhammadiyah Malang yang berasal dari berbagai negara. Dimana tujuan mereka datang ke Indonesia untuk melanjutkan pendidikan. Dari fenomena tersebut peneliti tertarik untuk meneliti bagaimana mahasiswa asing harus menyesuaikan dengan lingkungan yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang dan harus menyesuaikan dengan budaya lokal, dengan norma, bahasa dan perilaku yang berbeda dengan negara asalnya. Hal tersebut akan menimbulkan culture shock yang akan dialami mahasiswa asing. Pada kondisi tersebut mahasiswa asing mengalami sebuah proses transisi kebudayaan sehingga mereka harus menyesuaikan nilai-nilai yang ada di Universitas Muhammadiyah Malang, bahkan menyesuaikan dengan kebudayaan yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan teori yaitu Anxiety/Uncertainty Management Theory (Teori Pengelolaan Kecemasan/Ketidakpastian) dari William Gudykunst yang memfokuskan pada perbedaan budaya pada kelompok dan orang asing. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa asing BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) angkatan 2015 yang ditentukan dengan menggunakan teknik accidental sampling dan di dapat 5 subjek penelitian. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model interaktif. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) Komunikasi yang terjadi dengan budaya yang berbeda pada mahasiswa asing BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) dilakukan melalui komunikasi secara langsung (diskusi di dalam kelas dan perkenalan) kemudian komunikasi secara tidak langsung (media elektronik) (2) Komunikasi yang dilakukan dalam penelitian ini adalah menggunakan komunikasi secara verbal dan non-verbal (3) Faktor yang menghambat proses komunikasi antarbudaya pada mahasiswa BIPA (Bahasa Indonesia Penutur Asing) adalah budaya, karena budaya yang digunakan sudah pasti berbeda dengan negara asal. Solusi yang dilakukan oleh kelima mahasiswa asing ini adalah memantapkan pembelajaran bahasa melalui interaksi sehari-hari dengan orang-orang lokal. Komunikasi yang dilakukan oleh lima mahasiswa asing ini adalah dengan teori pengelolaan kecemasan/ketidakpastian, dan membentuk empat fase atau tahapan diantaranya tahapan antusias, tahapan mahasiswa mengalami culture shock, tahap Membiasakan diri untuk beradaptasi, dan tahap terbiasa dalam beradaptasi.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: komunikasi, budaya, mahasiswa asing
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:56
Last Modified: 24 Apr 2019 02:56
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45967

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo