UMM Institutional Repository

STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM BAKTI SOSIAL (Studi pada Anggota Gerakan Peduli Sosial-Probolinggo)

ASWIYAH, DEWI WARDATUL (2016) STRATEGI KOMUNIKASI ORGANISASI DALAM MENYUKSESKAN PROGRAM BAKTI SOSIAL (Studi pada Anggota Gerakan Peduli Sosial-Probolinggo). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewiwardat-45291-1-pendahul-n.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewiwardat-45291-2-babi.pdf

Download (165kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewiwardat-45291-3-babii.pdf

Download (284kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dewiwardat-45291-4-babiii.pdf

Download (135kB) | Preview

Abstract

Organisasi Gerakan Peduli Sosial merupakan organisasi yang memiliki program bakti sosial yang kegiatannya ditujukan sebagai pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan pembagian donasi merupakan salah satu wujud kegiatan rutin yang diadakan setiap dua atau tiga bulan sekali. Target kegiatan ini adalah beberapa warga miskin yang berada di wilayah Probolinggo. Kegiatan tersebut dilakukan oleh anggota GPS-Pro yang memiliki kesibukan dengan profesinya masing-masing, meski demikian kegiatan pembagian donasi tersebut tetap terlaksana hingga saat ini. Hal inilah yang melatarbelakangi peneliti untuk meneliti strategi komunikasi organisasi GPS-Pro dalam mensukseskan program bakti sosial yang berfokus pada kegiatan pembagian donasi Desember 2015 lalu. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui dan mendeskripsikan strategi komunikasi organisasi yang digunakan untuk mensukseskan program Bakti Sosial oleh Organisasi Gerakan Peduli Sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif. Sebanyak 6 anggota organisasi GPS-Pro menjadi subyek penelitian dengan teknik pengumpulan data wawancara dan dokumentasi berupa screenshot Facebook milik GPS-Pro sebagai data pendukung hasil wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah model Miles dan Huberman (pengumpulan data, reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan) dengan uji keabsahan menggunakan triangulasi sumber. Hasil penelitian menunjukkan lima dari enam langkah strategi komunikasi menurut teori Gibson, et al. dalam Ulbert (2007) yang dikutip dalam Limanjaya (2013) diterapkan dalam komunikasi organisasi GPS-Pro. Tahapan tersebut diantaranya: Mendorong rasa saling percaya, meningkatkan umpan balik, mengatur arus informasi (berdasarkan mutu, jumlah dan cara penyampaiannya), pengulangan informasi, dan menggunakan bahasa yang sederhana. Tahapan yang tidak diterapkan adalah penetapan waktu, dimana dalam menyampaikan informasi masih ada beberapa anggota GPS-Pro yang menyampaikan pesan di waktu jam sibuk beraktifitas sebagian besar anggota GPS, yakni siang hari yang mengakibatkan tersendatnya proses komunikasi dalam organisasi. Dalam menjalankan kegiatannya GPS-Pro melakukan persiapan (perencanaan kegiatan) seminggu sebelum pelaksanaan, pelaksanaan kegiatan, dan evaluasi kegiatan yang dilakukan langsung setelah kegiatan selesai. Kesimpulannya, dalam mensukseskan program bakti sosial, organisasi GPS-Pro menerapkan lima dari enam tahapan strategi komunikasi Gibson et.al yang dapat mengefektifkan komunikasi organisasi, sehingga berdampak pada kesuksesan GPS-Pro dalam pelaksanaan kegiatannya.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Strategi, Komunikasi Organisasi, Bakti Sosial.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 24 Apr 2019 02:52
Last Modified: 24 Apr 2019 02:52
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45966

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo