UMM Institutional Repository

PROPAGANDA PERISTIWA G 30 S/PKI MELALUI FILM DOKUMENTER (Analisis Wacana Film Senyap karya Joshua Oppenheimer)

Roziy, Fatchur (2016) PROPAGANDA PERISTIWA G 30 S/PKI MELALUI FILM DOKUMENTER (Analisis Wacana Film Senyap karya Joshua Oppenheimer). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatchurroz-45300-1-pendahul-n.pdf

Download (321kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatchurroz-45300-2-babi.pdf

Download (210kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatchurroz-45300-3-babii.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatchurroz-45300-4-babiii.pdf

Download (262kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui makna propaganda dalam peristiwa G 30 S/PKI pada Film Senyap karya Joshua Oppenheimer. Penelitian ini menggunakan pendekatan pendekatan kualitatif dengan dengan metode analisis wacana model Van Dijk. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan capture shot dan melalui literatur, blog, website dan informasi – informasi lainnya yang mendukung. Teknik analisis data yang dipakai dalam penelitian ini adalah menggunakan Analisis wacana secara umum berupaya mengungkap berbagai informasi dibalik data yang disajikan di media atau teks, yang dapat berupa kata, arti (makna), gambar, simbol, ide, tema, atau beberapa pesan yang dapat dikomunikasikan. Hasil penelitian ini digambarkan dalam tiga dimensi, yaitu teks, kognisi sosial, konteks yang menunjukan bahwa korban dan keluarganya mempunyai intensitas kemunculan paling banyak dalam film ini. Propaganda yang dilakukan banyak media termasuk media dari Amerika yang mempengaruhi terbentuknya opini rakyat Indonesia dan juga masyarakat dunia melalui membuat para pelaku semakin aman, dan merasa tidak bersalah atau bahkan menjadi menganggap dirinya pahlawan. Pelaku, dalam film Senyap di dimunculkan sebagai orang tidak merasa bersalah atas apa yang telah mereka lakukan. Mendapatkan imbalan dari apa yang telah mereka lakukan saat genosida PKI yang akhirnya memberikan mereka fasilitas dan jabatan di pemerintahan. Sedangkan alasan pembunuhan dan pemberantasan komunis di Indonesia tidak memiliki tempat dalam Scene film Senyap. Sebagian Pembunuh dikisahkan sebagai masyarakat desa yang tidak paham tentang politik dan PKI sehingga pemahaman mereka sendiri yang menjadikan mereka pembunuh. Kesimpulannya adalah bahwa korban dan keluarganya mempunyai intensitas kemunculan paling banyak dalam film ini, dimana propaganda yang dilakukan banyak media yang mempengaruhi terbentuknya opini rakyat Indonesia dan juga masyarakat dunia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Propaganda Peristiwa G 30 S/PKI, Film Dokumenter
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:49
Last Modified: 16 Apr 2019 07:49
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45908

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo