UMM Institutional Repository

BINGKAI MEDIA ONLINE MENGENAI ISU LGBT TENTANG PERNIKAHAN SESAMA JENIS DI INDONESIA (analisis framing pada merdeka.com dan republika.co.id periode 17-26 Februari 2016)

Wahono, Eko Puji (2016) BINGKAI MEDIA ONLINE MENGENAI ISU LGBT TENTANG PERNIKAHAN SESAMA JENIS DI INDONESIA (analisis framing pada merdeka.com dan republika.co.id periode 17-26 Februari 2016). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekopujiwah-45297-1-pendahul-n.pdf

Download (109kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekopujiwah-45297-2-babi.pdf

Download (195kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekopujiwah-45297-3-babii.pdf

Download (296kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekopujiwah-45297-4-babiii.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Isu LGBT khususnya tentang pernikahan sesama jenis mulai menjadi perbincangan publik pada pertengahan bulan februari 2016, tidak terlepas dari pantauan media untuk diberitakan kepada masyarakat. Merdeka.com dan Republika.co.id sebagai media online nasional turut andil untuk menginformasikan isu ini kepada masyarakat. Permasalahannya adalah pada persoalan yang sama namun terdapat dua versi bingkai yang berbeda jika dilihat dari judul pemberitaannya. Jadi fokus penelitian ini untuk mengintepretasikan bingkai pemberitaan mengenai isu lgbt tentang pernikahan sesama jenis pada kedua portal berita merdeka.com dan republika.co.id. Pendekatan teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori hirarki level dan media sebagai acuan untuk melihat bagaimana pengaruh dari setiap level pada Media terhadap sebuah pemberitaan. Metode yang digunakan yaitu analisis Framing dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Tipe penelitian ini yaitu intepretatif dengan fokus penelitiannya pada berita yang dirilis periode 17-26 Februari 2016 yaitu lima berita Merdeka.com dan lima berita republika.co.id. Teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik dokumentasi yang diperoleh dari website merdeka.com dan republika.co.id. Penelitian ini menemukan bahwa Merdeka.com menunjukan aksi dukungan terhadap individu atau kelompok LGBT di Indonesia. Adapun bingkai yang dilakukan oleh Republika.co.id berbeda yang dilakukan merdeka.com, Republika.co.id menilai pernikahan sesama jenis telah melanggar nilai-nilai kemanusiaan serta melanggar aturan-aturan agama. Selain itu Republika.co.id menilai LGBT merupakan sebuah penyakit. Yang menarik, peneliti juga menemukan propaganda Merdeka.com untuk mempengaruhi masyarakat bahwa LGBT di Indonesia khususnya tentang pernikahan sesama jenis merupakan sebuah kewajaran dan patut diterima apabila terjadi di Indonesia, serta Merdeka.com membujuk masyarakat supaya menghormati hak-hak LGBT sebagai warga negara Indonesia. Peneliti menyimpulkan bahwa ada kepentingan masing-masing dari kedua portal berita nasional Merdeka.com dan Republika.co.id ketika berkaitan dengan isu LGBT di Indonesia, yaitu Merdeka.com seolah-olah menjadi media promosi bagi individu atau kelompok LGBT di Indonesia. Sedangkan berbanding terbalik yang dilakukan oleh Republika.co.id sengaja membuat pemberitaan yang mengarah pada asumsi bahwa LGBT merupakan sebuah perilaku yang menyimpang. Republika.co.id lebih banyak menampilkan sisi negatif dari pemberitaan yang dibuat terkait isu LGBT khususnya tentang pernikahan sesama jenis.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210040311047
Keywords: LGBT, Pernikahan sesama jenis, Bingkai Media.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2019 07:41
Last Modified: 16 Apr 2019 07:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45905

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo