UMM Institutional Repository

REPRESENTASI PESAN DALAM LIRIK LAGU (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Dalam Lirik Lagu “Setan Tertawa”, “Sarjana Muda”, “Mafia Hukum”)

Wahyulianto, Eko (2016) REPRESENTASI PESAN DALAM LIRIK LAGU (Analisis Semiotika Ferdinand de Saussure Dalam Lirik Lagu “Setan Tertawa”, “Sarjana Muda”, “Mafia Hukum”). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekowahyuli-45295-1-pendahul-n.pdf

Download (445kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekowahyuli-45295-2-babi.pdf

Download (224kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekowahyuli-45295-3-babii.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekowahyuli-45295-4-babiii.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Lirik lagu sebagai pesan komunikasi harus dapat merebut para pendengarnya dengan cara menciptakan lirik-lirik lagu yang berkualitas sesuai dengan fenomena yang sebenarnya seperti yang di ciptakan oleh musisi God Bless, Iwan Fals, dan Naviculla. Apa yang disajikan oleh ketiga musisi tersebut dalam penelitian ini memberikan pengaruh yang besar terhadap fenomena yang terjadi di sekitar. Para musisi berusaha untuk menyampaikan pendapatnya melalui lirik lagu guna dapat dinikmati dan juga dirasakan oleh para pendengarnya seperti apa keadaan yang terjadi disekitarnya. Untuk itulah peneliti tertarik melakukan penelitian ini, sehingga pertanyaan penelitian ini adalah bagaimana bentuk representasi pesan yang disampaikan dalam lirik lagu “Setan Tertawa”, “Sarjana Muda”, “Mafia Hukum”. Pendekatan teori yang peneliti gunakan merujuk kepada semiotika Ferdinand de Saussure yang membagi masing-masing teks yang kemudian diteliti berdasarkan konsep tanda, yaitu berdasarkan signifier (penanda) adalah citra tanda seperti dipersepsikan, signified (petanda) adalah konsep mental dari penanda, dan signification adalah hubungan antar keberadaan fisik tanda dan konsep mental (mengkaitkan dengan realita sosial yang terdapat dalam masyarakat). Validitas interpretasi ini diperkuat dengan konteks fisik dan sosial yaitu melihat fenomena atau kejadian yang terjadi ketika lagu tersebut diciptakan. Peneliti menginterpretasikan lirik lagu “Setan Tertawa” yang diciptakan oleh God Bless, “Sarjana Muda” dari Iwan Fals, dan “Mafia Hukum” dari Naviculla. Dari hasil penelitian ini, peneliti menemukan makna atau pesan yang disampaikan dalam lirik lagu “Setan Tertawa” karya God Bless berupa Nilai Moral dan Nilai Optimisme yang ditujukan pada Pemerintahan, Penerus Bangsa, Agama, dan Peranan Orang Tua, lirik lagu “Sarjana Muda” karya Iwan Fals berupa Nilai Motivasi, Nilai Kritik, Nilai Pantang Menyerah, yang ditujukan kepada Sistem Pendidikan, Pemerinttah, dan Para Penerus Bangsa, dan lirik lagu “Mafia Hukum” karya Navicula berupa Nilai Kritik, Nilai Optimisme, Nilai Kebersamaan ditujukan kepada Pemerintah, Para Penegak Hukum, dan Masyarakat. Lagu yang disampaikan oleh ketiga musisi tersebut diciptakan untuk menyampaikan pesan-pesan berupa symbol yang ada pada lirik lagunya yang disampaikan melalui musik agar dapat diterima oleh masyarakat luas sehingga diharapkan masyarakat lebih menerapkan isi pesan yang terdapat pada lirik lagu “Setan Tertawa”, “Sarjana Muda”, dan “Mafia Hukum”.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Representasi, Semiotik, Pesan Komunikasi
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 16 Apr 2019 06:55
Last Modified: 16 Apr 2019 06:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45904

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo