UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI PEMASARAN BUS MALANG CITY TOUR (MACITO) DALAM MENARIK WISATAWAN (Studi pada Bidang Pengembangan Produk dan Promosi Wisata Kota Malang)

GUSTIANTI, WULANDARI (2016) KOMUNIKASI PEMASARAN BUS MALANG CITY TOUR (MACITO) DALAM MENARIK WISATAWAN (Studi pada Bidang Pengembangan Produk dan Promosi Wisata Kota Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wulandarig-45322-1-pendahul-n.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wulandarig-45322-2-babi.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wulandarig-45322-3-babii.pdf

Download (314kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-wulandarig-45322-4-babiii.pdf

Download (214kB) | Preview

Abstract

Sebagai kota pesiar, Kota Malang terdapat begitu banyak destinasi wisata dengan keindahan alam yang elok menawan, bersih, sejuk, tenang dan fasilitas wisata yang memadai sehingga menjadi daya tarik bagi wisatawan untuk berkunjung, berwisata maupun sebagai tempat peristirahatan terutama bagi orang dari luar kota Malang, baik sebagai turis maupun dalam rangka mengunjungi keluarga dan juga bagi warga kota Malang. Oleh karena itu, untuk memberikan daya tarik bagi wisatawan maka, Pemerintah kota Malang telah memberikan fasilitas bus wisata gratis yaitu bus Malang City Tour (MACITO) yang dapat menunjang wisatawan domestik maupun mancanegara sehingga mempermudah wisatawan saat berkeliling kota Malang. Namun keberadaan bus MACITO ini belum dikenal publik maka dengan itu dibutuhkan promosi untuk memasarkan bus MACITO. Oleh karena itu, peneliti tertarik melakukan penelitian tentang bagaimana komunikasi pemasaran yang dilakukan Bidang Pengembangan Produk dan Promosi wisata kota Malang dalam memasarkan bus Malang City Tour (MACITO) untuk menarik wisatawan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui komunikasi pemasaran yang diterapkan oleh bidang Pengembangan Produk dan Promosi wisata kota Malang dalam memasarkan bus Malang City Tour (MACITO) untuk menarik wisatawan berkunjung ke kota Malang. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori Exelent In Public Relation tentang model two way asymmetric. Dimana model ini mengarahkan pada strategi komunikasi organisasi untuk mempengaruhi public beradaptasi dengan organisasinya. Karena bersifat asymmetric organisasi tidak mengubah dirinya melainkan berupaya untuk mengubah sikap dan perilaku publiknya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif yang menghasilkan data deskriptif. Dalam memperoleh data digunakan teknik wawancara. Untuk menentukan subyek penelitian menggunakan teknik purpusive sampling. Pengembangan validitas data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik triangulasi yaitu triangulasi sumber yang memanfaatkan jenis sumber data yang berbeda-beda untuk menggali data sejenis. Untuk teknik analisis data pada penelitian ini mengacu pada pendapat Milles dan Hubberman yaitu melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang didapat adalah komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh bidang Pengembangan Produk dan Promosi wisata kota Malang dalam memasarkan bus MACITO yaitu dengan melakukan promosi dari mulut ke mulut atau yang biasa disebut dengan (Word of Mouth) melalui pihak ketiga atau pelaku wisata seperti travel agent dan hotelier dimana mereka melakukan promosi kepada para wisatawan yang datang berkunjung ke kota Malang untuk berkeliling dengan menggunakan bus MACITO secara gratis. Dan media yang digunakan dalam promosi tersebut adalah media luar ruang (outdoor) seperti brosur, spanduk, banner, pamflet,dll.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Komunikasi Pemasaran, promosi.
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 15 Apr 2019 07:22
Last Modified: 15 Apr 2019 07:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45885

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo