UMM Institutional Repository

Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Blok Keperawatan Jiwa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Materi Terapi Modalitas Keperawatan Jiwa

Ariani, Tutu April (2019) Peningkatan Pemahaman Mahasiswa Blok Keperawatan Jiwa Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Teams Achievement Divisions) Pada Materi Terapi Modalitas Keperawatan Jiwa. Jurnal Ners dan Kebidanan STIKES Patria Husada Blitar, 6 (1). pp. 84-92. ISSN 2548-3811

[img]
Preview
Text
Peer Review - Ariani - Pembelajaran kooperatif tipe STAD penelitian tindakan kelasa terapi modalitas keperawatan kesehatan jiwa.pdf

Download (929kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarty - Ariani - Pembelajaran kooperatif tipe STAD penelitian tindakan kelasa terapi modalitas keperawatan kesehatan jiwa.pdf

Download (4MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Ariani - Pembelajaran kooperatif tipe STAD penelitian tindakan kelasa terapi modalitas keperawatan kesehatan jiwa.pdf

Download (114kB) | Preview

Abstract

Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif, diantaranya adalah Metode STAD (Student Teams Achievement Divisions). Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman mahasiswa melalui pembelajaran kooperatif STAD. Metode: Jenis penelitian adalah penelitian tindak kelas atau CAR (classroom action research). Dilaksanakan di Semester III Prodi S1 Keperawatan FIKES Universitas Muhammadiyah Malang, Kelas A dengan jumlah mahasiswa 48 orang. Data berasal dari lembar observasi, yang diamati adalah : kerjasama dalam kelompok, memberikan ide, mengajukan pertanyaan, memperhatikan pertanyaan teman, memberikan tanggapan, kemampuan memahami materi, prtisipasi dalam kelompok, kemampuan menengahi jika ada kelompok yang salah paham, kemampuan menjelaskan dan menyimpulkan materi yang dibahas. CAR terdiri dari 4 tahap yaitu: 1). perencanaan, 2). pelaksanaan tindakan, 3). observasi, dan 4). Refleksi. Dilaksanakan dalam dua siklus (tiap siklus dilakukan 2 kali tatap muka ). Hasil: Setelah dilakukan STAD siklus pertama, didapatkan hasil ujian 55,56% mahasiswa kompetensinya kurang (mendapatkan nilai < 80). Sedangkan 44, 44% mendapatkan nilai > 80. Hasil observasi siklus pertama, diperbaiki untuk selanjutnya diterapkan pada siklus kedua. Hasil ujian kedua, terdapat 3 orang (11,11%) yang kompetensinya kurang dan 88,89% mendapatkan nilai > 80. Diskusi: Model STAD membiasakan mahasiswa menyelesaikan soal-soal secara kelompok yang diberikan dosen, sehingga mahasiswa akan terbiasa memecahkan permasalahan dalam pembelajaran. STAD menekankan pada kerja sama kelompok, karena akan melatih mahasiswa untuk mengungkapkan pendapat dan meningkatkan pemahaman konsep secara bersama. Saran, STAD perlu diaplikasikan pada mata kuliah yang lain. Karena dengan STAD terbukti dapat meningkatkan kompetensi mahasiswa.

Item Type: Article
Keywords: pembelajaran kooperatif tipe STAD, penelitian tindakan kelasa, terapi modalitas keperawatan kesehatan jiwa
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Nursing (14201)
Depositing User: atik Atik Yuliawati, S.Pd
Date Deposited: 14 Apr 2019 08:41
Last Modified: 14 Apr 2019 08:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45871

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo