UMM Institutional Repository

Representasi Perempuan Dalam Film Horor Indonesia (Analisis Semiotika pada film Perawan Seberang )

Putri, Fatma Hamiidatus Sa’aadah (2016) Representasi Perempuan Dalam Film Horor Indonesia (Analisis Semiotika pada film Perawan Seberang ). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmahamii-45331-1-pendahul-n.pdf

Download (278kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmahamii-45331-2-babi.pdf

Download (178kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmahamii-45331-3-babii.pdf

Download (386kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-fatmahamii-45331-4-babiii.pdf

Download (167kB) | Preview

Abstract

Dalam pembuatan film, iklan atau video klip kerap kali dijumpai sosok perempuan sebagai ide kreatif seorang sutradara untuk memperindah dan mempermudah hasil karya yang ditampilkan mendapat simpatik dari audience. Film adalah salah satu media komunikasi massa. Film merepresentasikan realitas dari kehidupan masyarakat. Film juga dapat menggambarkan berbagai dimensi kehidupan di masyarakat. Film dan perempuan ibarat dua sisi mata uang yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya saling memiliki ketergantungan dan memiliki kaitan yang saling melengkapi. Banyak perempuan saat ini berlomba-lomba untuk menjadi bintang film. Walaupun nantinya film yang dibintangi tidak meledak dipasaran dan malah menimbulkan kontroversi adegan-adegannya. Hal ini termasuk kekerasan non fisik yakni pelecehan terhadap kaum perempuan dimana tubuh perempuan baik secara nyata atau melalui gambar/film selalu dijadikan objek bagi keuntungan, dan berbagai bentuk ketidakadilan lainnya. Film horor merupakan film yang berusaha memancing emosi berupa ketakuan, kejutan dan rasa ngeri penontonya. Alur cerita mereka sering melibatkan tema-tema seperti kematian, supranatural, atau penyakit mental. Apalagi dewasa ini makin banyak tindak eksploitasi terhadap perempuan baik didalam negeri atau luar negri. Baik itu eksploitasi dengan paksaan atau dengan popularitas yang menjadi jaminannya. Penelitian ini menarik dianalisis secara semiotic dengan tujuan selain untuk menginterpretatifkan isi yang tampak dapat juga mendeskripsikan isi yang tersembunyi. Dengan menganalisa film tersebut dari perpaduan visual dan audio sebuah film tidak selalu diartikan sama, tergantung peminatnya. Dengan demikian semiotic dijadikan sebagai pendekatan penelitian film ini. Pentingnya hal ini adalah untuk menjadikan analisis semiotic sebagai sarana untuk menganalisa peristiwa, kejadian yang dianggap sebagai tanda dari proses komunikasi. Dilihat dari segi praktisnya adalah untuk mengetahui makna dan tanda dibalik maksud representasi perempuan dalam film horor Indonesia dalam film Perawan Seberang. Tipe penelitian ini menggunakan makna denotatif-konotatif Roland Barthes yang mengacu pada peta tanda Roland Barthes terpusat pada makna representasi perempuan dalam film horor Indonesia “Perawan Seberang”. Ruang lingkup penelitian ini adalah film Perawan Seberang yang berdurasi 89 menit. Dalam film Perawan Seberang ini, terlihat tindak eksploitasi terhadap perempuan, dimana perempuan menjadi objek laki-laki (kebutuhan, kepuasan dan keserakahan seksual). Dalam beberapa scene yang diteliti, perempuan-perempuan dalam film Perawan Seberang merepresentasikan perempuan yang menjadi objek penipuan, perempuan yang menjadi objek kekerasan, dan juga menjadi objek pelecehan seksual.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Representasi, Perempuan, Film, Semiotik
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2019 03:27
Last Modified: 13 Apr 2019 03:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45860

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo