UMM Institutional Repository

KONSTRUKSI CITRA PERUSAHAAN MELALUI KAMPANYE SOCIAL MARKETING (Analisis Naratif pada Artikel Kampanye BrightFuture oleh Unilever Indonesia)

Hatta, Muhammad Natsir Arie (2016) KONSTRUKSI CITRA PERUSAHAAN MELALUI KAMPANYE SOCIAL MARKETING (Analisis Naratif pada Artikel Kampanye BrightFuture oleh Unilever Indonesia). Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadna-45335-1-pendahul-n.pdf

Download (350kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadna-45335-2-babi.pdf

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadna-45335-3-babii.pdf

Download (281kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-muhammadna-45335-4-babiii.pdf

Download (139kB) | Preview

Abstract

Pemasaran sosial adalah satu konsep yang menitik beratkan kegiatannya pada perubahan perilaku masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan mereka. Berbagai organisasi telah melakukan pemasaran sosial selain sebagai alat untuk merubah perilaku masyarakat, tetapi juga untuk mencapai tujuan organisasi. Salah satunya yang dilakukan oleh Unilever Indonesia melalui kampanye BrightFuture yang digagas untuk mengajak masyarakat untuk melakukan hal kecil yang dapat menciptakan masa depan lebih baik. Namun, karena kampanye ini memiliki hubungan langsung dengan masyarakat, Unilever Indonesia menggunakan kampanye ini untuk membentuk citra di benak masyarakat. Dari latar belakang tersebut, peneliti ingin mengetahui bagaimana format pembentukan citra perusahaan melalui kampanye social marketing. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode analisis naratif yang digunakan untuk menganalisis teks yang menjadi saluran komunikasi kampanye BrightFuture. Analisis ini digunakan untuk mengetahui format pembentukan citra yang diterapkan Unilever Indonesia pada artikel-artikelnya. Teks-teks yang diteliti meliputi teks yang terdapat pada sub-menu Project Sunlight, berjumlah sepuluh teks yang disadur berdasarkan karakteristik narasi (memiliki rangkaian peristiwa, rangkaian peristiwa membentuk sebuah logika dan terdapat pemilihan peristiwa). Teks tersebut diakses melalui laman brightfuture.unilever.co.id/#stories-aktifitas-sunlight, pada bulan Mei tahun 2016. Dari penelitian yang dilakukan, peneliti menemukan bahwa Unilever Indonesia menggunakan empat bagian yang berasal dari misi dan nilai perusahaan sebagai cara perusahaan dalam membentuk citranya. Keempat bagian tersebut antara lain: tokoh dalam teks, karakter yang melekat pada tokoh, sifat masalah dan solusi dan manfaat dari kampanye. Keempat bagian tersebut disusun sedemikian rupa sehingga menyampaikan nilai perusahaan. Hasil tersebut membawa peneliti pada kesimpulan bahwa Unilever Indonesia menyusun empat bagian yang telah ditemukan sebelumnya, untuk mengarahkan pembaca pada pembentukan citra perusahaan. Format pembentukan teks tersebut antara lain: pemilihan tokoh yang representatif oleh Unilever, penonjolan karakter pada tokoh, solu

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Keywords: Citra, Konstruksi Citra, Social Marketing, Analisis Naratif, Unilever Indonesia, Kampanye BrightFuture
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 13 Apr 2019 03:14
Last Modified: 13 Apr 2019 03:14
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45857

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo