UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN Studi pada Sub Divisi Marketing Communication HARRIS Hotel and Conventions Malang

SARI, MEILIA PUSPITA (2016) IMPLEMENTASI KOMUNIKASI PEMASARAN DALAM MEMBANGUN CITRA PERUSAHAAN Studi pada Sub Divisi Marketing Communication HARRIS Hotel and Conventions Malang. Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-2-babi.pdf

Download (264kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-3-babii.pdf

Download (490kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-meiliapusp-45529-4-babiii.pdf

Download (216kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh HARRIS Hotel and Conventions Malang melalui media online. Peneliti sering menjumpai iklan online HARRIS Malang pada setiap peneliti mengakses internet. Selain itu, aktivitas pada sosial media HARRIS Malang tidak mendapat banyak perhatian dari publiknya. Meskipun demikian, citra positif dan prestasi yang diperoleh HARRIS Malang dari publik eksternalnya cukup banyak. Berdasarkan latar belakang tersebut peneliti ingin mengetahui bagaimana implementasi bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marketing communication (marcom) dalam membangun citra HARRIS Hotel and Conventions Malang. Aktivitas komunikasi pemasaran adalah aktivitas pemasaran yang tujuan utamanya untuk menyebarkan informasi (komunikasi informatif), untuk menarik konsumen sehingga melakukan pembelian (komunikasi persuasif), dan untuk mengingatkan khalayak agar mengulang pembelian atau menjadi konsumen tetap (Kotler dan Keller, 2009: 172-173) melalui kesan yang sengaja diciptakan dari suatu objek, orang, atau organisasi (Sukatendel seperti dikutip Haris, 2012: 28). Aktivitas yang diteliti adalah aktivitas bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marcom HARRIS Hotel and Conventions Malang yang meliputi periklanan (advertising), penjualan personal (personal selling), promosi penjualan (sales promotion), publisitas (publicity), berita dari mulut ke mulut (word of mouth), pemasaran langsung (direct marketing), dan hubungan masyarakat (public relations) (Nickles seperti dikutip Hermawan, 2012: 53-54). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Dilakukan di HARRIS Hotel and Conventions Malang pada tanggal 2-23 Maret 2016. Subjek penelitian adalah marcom manager dan creative designer atau marcom staff. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi dengan tujuan untuk memperoleh informasi yang mendalam mengenai implementasi bauran komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marcom dalam membangun citra HARRIS Hotel and Conventions Malang. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah display data, reduksi data, dan pengambilan keputusan. Keabsahan data dilakukan dengan menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian dari implementasi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh sub divisi marcom dalam membangun citra HARRIS Hotel and Conventions Malang lebih banyak mengedepankan fungsi-fungsi public relations dibanding fungsi marketing. Implementasi tersebut memfokuskan pada aktivitas-aktivitas public relations khususnya hubungan dengan media untuk mendapatkan publisitas positif sehingga terbangun citra yang positif pula. Media relation yang terjalin antara marcom HARRIS Malang dengan media bukan hanya secara profesionalitas pekerjaan tetapi juga secara pribadi (personal approach). Aktivitas media relation yang telah dilakukan marcom HARRIS Malang adalah periklanan yang bertujuan untuk mengomunikasikan pesan HARRIS Malang, menjalin hubungan baik, dan mendapatkan publisitas positif dari pihak media. Selain itu marcom HARRIS Malang juga aktif menghadiri undangan dari setiap media baik itu di dalam ataupun di luar jam kerja; memberikan kue ulang tahun atau hadiah kepada owning media, redaksi pelaksana, wartawan, dan media yang sedang berulang tahun; aktif memberikan ucapan selamat kepada media-media yang berprestasi; serta memberikan apresiasi pada setiap media yang aktif memberikan kontribusinya kepada HARRIS Malang.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: marketing communication, citra perusahaan
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:58
Last Modified: 12 Apr 2019 01:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45842

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo