UMM Institutional Repository

Aktivitas Komunikasi Aremaker dalam Membangun Hubungan dengan Publik (Studi pada Komunitas Aremaker Kampung Celaket Kota Malang)

Mohammad, Mirza Ghulam (2016) Aktivitas Komunikasi Aremaker dalam Membangun Hubungan dengan Publik (Studi pada Komunitas Aremaker Kampung Celaket Kota Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirzaghula-45531-1-pendahul-n.pdf

Download (484kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirzaghula-45531-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirzaghula-45531-3-babii.pdf

Download (191kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mirzaghula-45531-4-babiii.pdf

Download (79kB) | Preview

Abstract

Setiap organisasi ataupun kelompok memiliki lingkungan atau publik terdekat yang pasti keberadannya memberikan pengaruh sedikit banyak terhadap organisasi. Berkaitan dengan komunikasi, maka komunikasi dengan lingkungan menjadi prioritas utama bagi organisasi maupun kelompok. Tujuannya tentu agar terjalin hubungan yang baik antara kelompok atau organisasi dengan lingkungan atau publik terdekat. Maka dari itu hubungan yang baik menjadi tujuan utama sebuah organisasi atau kelompok agar tetap eksis. Dalam hal ini pihak Aremaker melakukan aktivitas komunikasi dalam rangka menjalin hubungan baik dengan publik. Salah satu cara yang dilakukan oleh Humas Aremaker ialah melaksanakan program-program yang ditujukan kepada warga Kampung Celaket. Maka dari itu peneliti tertarik untuk meneliti terkait aktivitas komunikasi yang di terapkan melalui program yang terlaksana pada tahun 2015. Aktivitas komunikasi ialah bagaiamana proses komunikasi yang terjadi antara komunikator sebagai penyampai pesan kepada komunikan atau penerima pesan melalui media tertentu. Lasswell menyatakan bahwa aktivitas komunikasi meliputi beberapa unsur yaitu; “who says what in which channel To whom With What Effect”,(siapa, mengatakan apa, melalui saluran apa, kepada siapa dan efeknya apa). Program Aremaker di tahun 2015 ialah; Pentas 17 Agustus 2015, Gebyar Tahun Baru 2016 dan Acara Perpisahan Siswa Kelas 06 SDN 01 Rampal Celaket. Aktivitas komunikasi dioptimalkan melalui program-program ini dengan tujuan terjalinnya hubungn baik antara pihak Aremaker dengan warga Kampung Celaket. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif dan tipe penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian dilakukan di wilayah Kelurahan Rampal Celaket. Teknik sampling yang digunakan snowball sampling. Informan sebagai sumber data terpilih berdasarkan rekomendasi dari informan kunci. Jumlah informan pada penelitian ini sejumlah lima orang yaitu Humas Aremeker, Ketua RT 03 RW 05 Kelurahan Rampal Celaket, Guru SDN 01 Rampal Celaket dan Lurah Rampal Celaket. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara semiterstruktur dan dokumentasi berupa foto kegiatan Aremaker di tahun 2015. Hasil penelitian diketahuai bahwa aktivitas komunikasi dilakukan melalui beberapa konteks dan media komunikasi. Konteks komunikasi yang di terapkan ialah komunikasi interpersonal, komunikasi kelompok dan komunikasi organisasi. Media yang digunakan meliputi undangan cetak, flyer acara dan Whatsapp. Di Pentas 17 Agustus 2015 dan Gebyar Tahun Baru 2016 komunikasi yang diterapkan ialah Komunikasi dua arah, karena pihak Aremaker membuka ruang bagi warga kampung Celaket untuk menyampaikan aspirasi kepada Aremaker. Sedangkan di program terakhir yaitu Penampilan di Perpisahan Siswa Kelas 06 SDN 01 Rampal Celaket, komunikasi yang diterapkan ialah komunikasi satu arah dimana kegiatan ini seluruhnya diserahkan kepada pihak sekolah. Dan belum ada ruang aspirasi bagi wali murid yang menjadi penikmat di acara tersebut.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Aktivitas Komunikasi, Komunitas Aremaker
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:55
Last Modified: 12 Apr 2019 01:55
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45841

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo