UMM Institutional Repository

ANALISIS STRATEGI REBRANDING INDOSAT OOREDOO (Studi Pada Bagian Public Relations PT. Indosat Tbk Jakarta Pusat)

RISMAWATI, SISCA DWI (2016) ANALISIS STRATEGI REBRANDING INDOSAT OOREDOO (Studi Pada Bagian Public Relations PT. Indosat Tbk Jakarta Pusat). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-siscadwiri-45535-1-pendahul-n.pdf

Download (562kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-siscadwiri-45535-2-babi.pdf

Download (218kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-siscadwiri-45535-3-babii.pdf

Download (558kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-siscadwiri-45535-4-babiii.pdf

Download (122kB) | Preview

Abstract

Indosat merupakan salah satu perusahan telekomunikasi terbesar di Indonesia. Ketika mengatakan Indosat merujuk pada produk-produk yang dimiliki seperti IM3, Mentari, dan Matrix. Namun, Indosat mengganti namanya menjadi Indosat Ooredoo di akhir tahun 2015. Peubahan ini tentu tidak serta merta dilakukan, mengingat brand Indosat sudah sangat dikenal dan melekat dibenak setiap orang. Strategi apa yang akan digunakan menjadi pertimbangan yang sangat penting bagi perusahaan yang melakukan rebranding. Oleh karena itu tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana strategi rebranding yang dilakukan oleh PT. Indosat Tbk (Indosat Ooredoo). Rebranding bertujuan untuk membentuk citra dan identitas baru bagi sebuah instansi yang dapat menjadi pembeda dengan pesaingnya. Mari Juntunen dkk, merumuskan proses rebranding melalui tujuh tahapan, yakni triggering, analyzing and decision making, planning, preparing, implementing, evaluating, dan continuing. Guna mengetahui setiap proses rebranding yang dilakukan Indosat Ooredoo maka peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder dengan metode pengumpulan data wawancara dan data dokumentasi sehingga menghasilkan uraian mengenai strategi rebranding yang dilakukan oleh PT. Indosat Tbk (Indosat Ooredoo). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Indosat Ooredoo menggunakan strategi rebranding phase in/phase out strategy dan umbrella branding strategy. Indosat Ooredoo melakukan tujuh tahapan proses rebranding, yakni triggering, analyzing and decision making, planning, preparing, implementing, evaluating, dan continuing. Indosat melakukan rebranding karena adanya perubahan struktur kepemilikan oleh Group Ooredoo dan menghasilkan dua nama brand yang digabung menjadi satu, yakni Indosat dan Ooredoo. Selain itu, perubahan Indosat Ooredoo bertujuan untuk menjadi perusahaan digital telco yang lebih besar. Pengukuran keberhasilan Indosat dilihat dari peningkatan jumlah pelanggan atau konsumen.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Rebranding, Indosat, Ooredoo, Digital Telco
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:36
Last Modified: 12 Apr 2019 01:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45837

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo