UMM Institutional Repository

Aktivitas Komunikasi Pemasaran di Hotel Riche (Studi pada divisi Marketing Communication di Hotel Riche Malang)

Putri, Nabila Sofyan (2016) Aktivitas Komunikasi Pemasaran di Hotel Riche (Studi pada divisi Marketing Communication di Hotel Riche Malang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nabilasofy-45542-1-pendahul-n.pdf

Download (346kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nabilasofy-45542-2-babi.pdf

Download (447kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nabilasofy-45542-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nabilasofy-45542-4-babiii.pdf

Download (395kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini meneliti tentang aktivitas komunikasi pemasaran di sebuah hotel. Aktivitas komunikasi pemasaran dianggap penting karena pada saat ini persaingan bisnis semakin sengit. Terutama di dunia perhotelan. Hal ini menggambarkan bahwa pelaku industri perhotelan tersebut harus menjalankan suatu bentuk aktivitas komunikasi pemasaran yang bertujuan untuk mempertahankan dan memperoleh pelanggan. Begitu pula yang dilakukan oleh pihak Hotel Riche Malang. Hotel Riche Malang melaksanakan berbagai aktivitas komunikasi pemasaran guna dapat bersaing merebut pasar dengan hotel-hotel lain yang berkembang di Malang. Makadari itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana aktivitas komunikasi pemasaran di Hotel Riche Malang. Menurut Philip Kotler & Kevin Lane Keller (2009), komunikasi pemasaran adalah sarana dimana perusahaan berusaha menginformasikan, membujuk, dan mengingatkan konsumen sacara langsung maupun tidak langsung, tentang produk dan merek yang dijual. Pada intinya, komunikasi pemasaran mempresentasikan suatu produk perusahaan dan juga dapat menjadi sarana dimana perusahaan dapat membuat dialog dan membangun hubungan dengan konsumen. Adapun program aktivitas komunikasi pemasaran tersebut mencangkup periklanan, promosi penjualan, humas dan publisitas, penjualan personal dan pemasaran langsung. Teori tersebut sesuai dengan hasil penelitian yang menunjukkan bahwa aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan Hotel Riche Malang ialah dengan membujuk, menawarkan, mengiklankan, mempresentasikan dan mempromosikan program komunikasi pemasaran yaitu periklanan, promosi penjualan, publisitas dan penjualan langsung atau direct marketing. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan tipe penelitian deskriptif. Ruang lingkup penelitian ialah di Hotel Riche Malang Jl. Basuki Rakhmat no. 1 Malang antara bulan Februari hingga April. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis interaktif milik Miles dan Huberman yang mencangkup tentang reduksi data, penyajian data, pengumpulan data dan penarikan kesimpulan. Kemudian, uji keabsahan data yang digunakan ialah triangulasi teknik. Temuan peneliti ialah aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan Hotel Riche Malang hanya mencangkup 4 program aktivitas komunikasi pemasaran, yaitu diantaranya periklanan dan aktivitasnya ialah menyebarkan brosur dan pamflet, memasang iklan di radio, memasang umbul-umbul dan iklan di papan iklan, serta memasang iklan di web milik hotel dan akun sosial, juga bekerja sama dengan beberapa biro travel. Kemudian, dalam promosi penjualan Hotel Riche menawarkan berbagai macam promosi seperti, promo diskon 20% sepanjang bulan Maret, paket hari Raya Imlek dan Hari Raya lainnya, promo Gratisan saat upload dan juga harga khusus bagi pelanggan setia. Kemudian, penjualan langsung atau direct marketing yang dilakukan ialah pihak Hotel Riche menelpon para pelanggan setia yang biasanya menginap disana secara rombongan. Biasanya adalah sekolah, universitas, lembaga asuransi, dan lain-lain, selain itu pihak hotel juga mengundang para perusahaan tetangga untuk makan di hotel sembari melihat presentasi dari pihak hotel mengenai apa yang ditawarkan. Publisitas yang dilakukan Hotel Riche adalah membuat event soft opening Cafe Oey Malang dan mensponsori salah satu event Music Reage di Siluet Cafe. Dalam pelaksanaanya Hotel Riche Malang hanya belum melaksanakan program aktivitas pemasaran program hubungan masyarakat dan penjualan personal. Namun, pada program aktivitas komunikasi pemasara yang lain, Hotel Riche Malang dapat melaksanakannya dengan tepat dan baik.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Komunikasi, Komunikasi Pemasaran, Aktivitas Komunikasi Pemasaran
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:27
Last Modified: 12 Apr 2019 01:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45835

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo