UMM Institutional Repository

Pengelolaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata di Malang Raya (Studi pada Admin Akun Instagram @instanusantaramalang)

Novikasari, OktiliaFakhma (2016) Pengelolaan Media Sosial sebagai Media Promosi Wisata di Malang Raya (Studi pada Admin Akun Instagram @instanusantaramalang). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oktiliafak-45541-1-pendahul-n.pdf

Download (356kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oktiliafak-45541-2-babi.pdf

Download (953kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oktiliafak-45541-3-babii.pdf

Download (301kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-oktiliafak-45541-4-babiii.pdf

Download (950kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari oleh fenomena berkembangnya media sosial sebagai new media, dimana media sosial memberi kemudahan bagi penggunanya untuk mengakses informasi dengan sistem online. Instagram memiliki berbagai fungsi sebagai media eksplorasi, media informasi bahkan media promosi. @instanusantaramalang merupakan salah satu instagram yang memiliki tujuan yaitu memperkenalkan/mempromosikan wisata di Malang Raya. Sebagai media promosi wisata, manajemen pengelolaan media sosial harus sangat diperhatikan guna menarik perhatian dan minat dari follower. Dari fenomena tersebut, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengelolaan media sosial sebagai media promosi wisata di Malang Raya dengan studi pada admin instagram @instanusantaramalang. Dalam penelitian ini, teori yang dianggap relevan adalah new media dan manajemen media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Informan penelitian ini adalah ketua dan admin dari instagram @instanusantaramalang. Penentuan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tiga cara yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan untuk teknik analisis data, menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk uji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat empat tahap manajemen pengelolaan media sosial menurut Friedrichsen dan Wolfgang: (1) Define The Value Proposition, pada tahap ini @instanusantaramalang dilatarbelakangi mengenai fenomena boomingnya instagram sebagai media informasi dalam segala hal, salah satunya sebagai media promosi wisata; (2) Segmentation, Targeting, and Positioning, pada tahap ini @instanusantaramalang memetakan kelompok khalayak dari segi segmentasi, target dan positioning; (3) Operations and Delivery Process, langkah ini @instanusantaramalang melakukan proses pengelolaan dan penyebaran informasi yang akan dipublikasikan kedalam galeri @instanusantaramalang; (4) Measurement and Feedback, tahap terakhir ini @instanusantaramalang memanfaatkan User Generater Content (UGC) untuk melibatkan interaksi dengan khalayak guna mendapatkan feedback dari khalayak atau follower.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Management, Social Media, New Media
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2019 01:07
Last Modified: 12 Apr 2019 01:07
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45830

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo