UMM Institutional Repository

OPINI NETIZEN TENTANG IKLAN REBRANDING INDOSAT OOREDOO (Studi pada Netizen pengikut Kampanye #IndonesiaDigitalNation)

Danu, Ratna Triwurian (2016) OPINI NETIZEN TENTANG IKLAN REBRANDING INDOSAT OOREDOO (Studi pada Netizen pengikut Kampanye #IndonesiaDigitalNation). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnatriwu-45538-1-pendahul-n.pdf

Download (498kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnatriwu-45538-2-babi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnatriwu-45538-3-babii.pdf

Download (571kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ratnatriwu-45538-4-babiii.pdf

Download (246kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan digunakannya media periklanan melalui kampanye #IndonesiaDigitalNation oleh Indosat Ooredoo dalam rangka memperkenalkan brand barunya (rebranding). Media periklanan ini merupakan media yang jarang digunakan oleh perusahaan dalam rangka pengenalan rebranding perusahaan. Pemilihan media periklanan ini nantinya akan menentukan diterima atau tidaknya perusahaan oleh konsumen yang juga akan menghasilkan opini tertentu. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa opini netizen tentang iklan rebranding Indosat Ooredoo. Opini adalah tanggapan aktif terhadap rangsangan, tanggapan yang disusun melalui interpretasi personal yang diturunkan dan turut membentuk citra. Tanggapan terhadap isi pesan merupakan tahap kognisi dalam model hierarki efek. Tahap ini bagaimana konsumen menanggapi tentang merek yang ditawarkan, pada tahapan ini konsumen hanya sekedar menanggapi pengetahuannya tentang merek tersebut. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dan melakukan wawancara kepada 5 (lima) informan yang merupakan netizen pengikut kampanye #IndonesiaDigitalNation di instagram. Data yang telah diperoleh dilakukan analisa menggunakan teknik analisa data Miles & Huberman. Hasil dari penelitian ini, menghasilkan data yang menunjukkan bahwa netizen tertarik untuk mengikuti kampanye #IndonesiaDigitalNation karena tema yang diangkat menarik dan merupakan hal yang ada dalam kehidupan sehari – hari. Mayoritas informan sudah mengetahui rebranding Indosat Ooredoo sebelum mengikuti kampanye #IndonesiaDigitalNation. Serta, mayoritas informan masih menyebut provider cellular tersebut dengan sebutan Indosat sekalipun sudah mengikuti kampanye #IndonesiaDigitalNation. Dari hasil penelitian itu, dapat disimpulkan bahwa opini netizen tentang kampanye #IndonesiaDigitalNation adalah bahwa kampanye ini merupakan wadah untuk menyuarakan suara mereka tentang keterlibatan internet dalam kehidupannya sehari – hari. Opini netizen tentang ketertarikan mengikuti kampanye #IndonesiaDigitalNation adalah tertarik mengikuti karena tema yang diusung oleh Indosat Ooredoo menarik dan memang berperan penting dalam kehidupan sehari – hari serta netizen beropini rebranding Indosat Ooredoo adalah bahwa perubahan merek tersebut bukanlah sesuatu yang besar karena masih ada nama Indosat setelah perubahan, namun dari segi logo dan warna baru lebih muda diingat daripada yang lama.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Opini, Iklan, Rebranding
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 12 Apr 2019 00:58
Last Modified: 12 Apr 2019 00:58
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45829

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo