UMM Institutional Repository

POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT DENGAN KEMATANGAN EMOSI REMAJA (Studi pada Keluarga Single Parent di Desa Bulukerto RW 04 Kecamatan Bumiaji Kota Batu)

Agisya D, Puspitasari (2016) POLA KOMUNIKASI IBU SINGLE PARENT DENGAN KEMATANGAN EMOSI REMAJA (Studi pada Keluarga Single Parent di Desa Bulukerto RW 04 Kecamatan Bumiaji Kota Batu). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puspitasar-45793-1-pendahul-n.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puspitasar-45793-2-babi.pdf

Download (295kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puspitasar-45793-3-babii.pdf

Download (511kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-puspitasar-45793-4-babiii.pdf

Download (267kB) | Preview

Abstract

Ibu single parent yang memiliki anak di usia remaja sangat tidak mudah, sebab memiliki dua peran sekaligus serta harus mendampingi remaja pada proses pertumbuhannya, maka pola komunikasi dibangun dengan remaja memiliki keterkaitan yang sangat erat dengan pola pengasuhan yang diberikan oleh ibu single parent selaku orang tua tunggal dan tentunya memberikan dampak pada anak dalam melakukan intepretasi atas makna ditangkap oleh anak. Berdasarkan latar belakang di atas permasalahan yang muncul adalah: Bagaimana pola komunikasi ibu single parent dengan kematangan emosi remaja?. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan pola komunikasi ibu single parent dengan kematangan emosi remaja. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya yaitu deskriptif yang mana membahas mengenai pola komunikasi ibu single parent dengan kematangan emosi remaja yang mana menggambarkan apa yang terjadi pada subjek penelitian tanpa adanya distribusi angka. Sampel dalam penelitian ini memiliki kriteria sebagai berikut: 1) Wanita berstatus single parent karena cerai hidup atau cerai mati. 2) Lama perceraian minimal 2 tahun. 3) Memiliki dokumen resmi berupa surat cerai hidup maupun mati. 4) Memiliki anak yang berusia remaja yaitu antara 13 – 18 tahun. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi yang digunakan oleh salah satu ibu singleparent adalah pola komunikasi seimbang terpisah atau balance split pattern, dimana masih terlihat jarak kedekatan dalam berkomunikasi antara ibu dan remaja. Sedangkan keempat ibu single parent sebagai subyek penelitian adalah sama yaitu menggunakan pola komunikasi persamaan (Equality Pattern), yakni tiap individu membagi kesempatan komunikasi secara merata dan seimbang sehingga remaja memiliki kematangan emosi yang baik, seperti stabilitas emosi, mengekspresikan emosi sesuai keadaan dan pada tempatnya, mengendalikan emosi dengan cara saling pengertian dan terbuka, aspek sosial juga dapat bergaul dengan orang lain tidak minder dengan masalah keluarga dan aspek interest mampu mengembangkan diri ke arah yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Pola Komunikasi Dan Kematangan Emosi Remaja
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 10 Apr 2019 02:34
Last Modified: 10 Apr 2019 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45804

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo