UMM Institutional Repository

KANDUNGAN KRITIK SOSIAL DAN TEOLOGI ISLAM DALAM FILM BOLLYWOOD (Analisis Isi pada Film PK Karya Rajkumar Hirani yang Rilis 19 Desember 2014)

Wurdiyah, Nur (2016) KANDUNGAN KRITIK SOSIAL DAN TEOLOGI ISLAM DALAM FILM BOLLYWOOD (Analisis Isi pada Film PK Karya Rajkumar Hirani yang Rilis 19 Desember 2014). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurwurdiya-44038-1-pendahul-n.pdf

Download (742kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurwurdiya-44038-2-babi.pdf

Download (556kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurwurdiya-44038-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nurwurdiya-44038-4-babiii.pdf

Download (228kB) | Preview

Abstract

PK, sebuah film satir terkemas dalam genre drama komedi yang mengisahkan sesosok alien datang ke Bumi, lalu tersesat tidak bisa kembali pulang ke planet asalnya karena kalungnya yang berfungsi sebagai remot kontrol pelacak koordinat keberadaan posisinya telah dirampas seseorang di Padang Pasir Rajashtan, India. PK berusaha mencari untuk menemukan remot kontrolnya kembali dengan bertanya kepada para manusia yang ditemuinya, namun jawaban yang diperolehnya hanyalah keterangan bahwa tidak ada yang bisa membantunya kecuali Tuhan. PK yang belum pernah mengetahui sama sekali tentang sesuatu bernama Tuhan, kemudian berusaha mencari Tuhan dengan cara mengikuti semua agama dan kepercayaan yang ada. Film PK berhasil membuat Universitas Harvard terpesona hingga mengundang Aamiir Khan, pemeran utamanya, ke Amerika Serikat untuk membahas penokohan PK secara mendalam. Film PK juga berhasil pecahkan rekor Box Office di China dan Australia. Di negara asalnya sendiri, India, film PK disebut sebagai Film Paling Laris Sepanjang Sejarah Bollywood. Sedangkan di Indonesia, Indonesia Tanpa Jaringan Islam Liberal (ITJ) menyebut PK sebagai film penebar paham agnostisme. Adegan-adegan yang disuguhkan dalam film ini menimbulkan banyak interpretasi juga kontroversi, tidak hanya di negara asalnya, India, tapi juga di Amerika Serikat, Kanada, Inggris, Australia, juga Indonesia. Isu sosial dan ketuhanan menjadi sajian sentral dari film PK. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk melakukan penelitian terkait film ini dan merumuskan masalah sebagai berikut: Bagaimana nilai kritik sosial dan Teologi Islam yang terkandung dalam film Bollywood PK karya Rajkumar Hirani? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, maka peneliti menggunakan metode penelitian deskriptif-kualitatif. Subjek penelitian ini adalah film PK, sedangkan unit analisisnya adalah potongan-potongan gambar atau visual film PK yang terdapat kandungan isi sesuai rumusan masalah peneliti. Penelitian ini dikaji menggunakan metode analisis isi dengan mengumpulkan data-data primer melalui dokumentasi dan observasi, juga didukung literatur-literatur yang relevan dengan tujuan dilakukannya penelitian ini. Teknik Analisis Isi merupakan teknik penelitian dengan membuat inferensi-inferensi yang dapat ditiru (replicable), dan sahih data dengan memperhatikan konteksnya. Kesimpulan yang diperoleh melalui penelitan ini bahwa melalui film PK, Rajkumar Hirani sebagai sutradara menyuguhkan kritik-kritik sosial kemanusiaan yang terjadi di India, yang juga terjadi di lingkup global. Kesalah pahaman komunikasi antara manusia dengan Tuhan yang merupakan isu universal, atau yang disebut sebagai ‘salah sambung’ dalam film PK juga dengan sangat kuat disajikan, namun sederhana dan apa adanya sejalan logika dasar manusia. Terdapat beberapa dialog yang mengandung konsep ketuhanan sejalan dengan ajaran tauhid dalam agama Islam. Seperti perbedaan jenis film menurut Wim Wenders, bahwa film memberi pertanyaan atau pernyataan. Film PK termasuk dalam film yang memberi pernyataan, “Pesanku sederhana, agar manusia hanya menyembah Tuhan yang menciptakan segala. Bukan menyembah Tuhan yang figurnya diciptakan manusia tertentu dengan kepentingan tertentu yang akhirnya menimbulkan perpecahan.”

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Uncontrolled Keywords: Kritik Sosial, Teologi Islam, Film Bollywood PK., : Social Criticism, Islamic Theology , PK Bollywood Movie
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 08 Apr 2019 06:45
Last Modified: 08 Apr 2019 06:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45760

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo