UMM Institutional Repository

MAKNA PESAN DALAM IKLAN ROKOK 76 DAN ROKOK SURYA 12 (ANALISIS SEMIOTIK TENTANG IKLAN ROKOK 76 VERSI “MEROKOK MEMBUNUHMU DAN IKLAN ROKOK SURYA 12 VERSI “ EXTANTED” YANG DITAYANGKAN DI TELEVISI)

FAHMI, M.FIKRI (2016) MAKNA PESAN DALAM IKLAN ROKOK 76 DAN ROKOK SURYA 12 (ANALISIS SEMIOTIK TENTANG IKLAN ROKOK 76 VERSI “MEROKOK MEMBUNUHMU DAN IKLAN ROKOK SURYA 12 VERSI “ EXTANTED” YANG DITAYANGKAN DI TELEVISI). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mfikrifahm-43406-1-pendahul-n.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mfikrifahm-43406-2-babi.pdf

Download (360kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mfikrifahm-43406-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mfikrifahm-43406-4-babiii.pdf

Download (351kB) | Preview

Abstract

Di era globalisai ini media memberikan pengaruh yang cukup signifikan terhadap masyarakat salah satunya pengaruhnya dapat kita rasakan terutama media “televisi” bagaimana televisi hingga saat ini tetap berjaya dengan banyaknya iklan yang menjadi “urat nadi” mereka terbukti di beberapa stasiun televisi iklan menjadi raja ,dengan semakin banyak iklan yang ditayangkan membuat sajian televisi semakin tidak menarik. Bukankah audience memiliki hak untuk memilih apa yang ingin mereka tonton namun televisi mulai pragmatis dan mengesampingkan dari keberadaan televisi itu sendiri dari iklan itu sendiri terdapat beberapa jenis iklan dintaranya iklan rokok djarum76 ‘merokok membunuhmu’ dan iklan rokok surya 12 versi extander dimana kedua iklan tersebut melawan realivitas yang ada , dari hal tersebut terdapat makna pesan didalamnya agar iklan rokok tersebut memiliki pencintraan iklan yang terlihat baik kepada masyarakat Tujuan penelitian ini agar mengetahui makna pesan dalam iklan rokok 76 “merokok membunuhmu” dan iklan rokok surya 12 “extandler” dan mengunakan metode penelitian kualitatif interpretatif dengan mengunakan pendekatan semiotika dengan mengunakan cara memerhatikan menginterpretasi dan memahami stimulasi dari realita yang ditemui .ruang lingkup penelitian yang digunakan adalah vidio dokumentasi dari beberapa iklan , metode penelitian yang digunakan adalah pencatatan dan teknik observasi atau pengamatan data kata-kata kalimat dan dan tayangan yang sudah diamati setelah mengamati beberapa frame-frame visual dari iklan tersebut kemudian memaknaiya dan menginterpretasikannya dengan menggunakan model teori barthes Hasil penelitian menunjukkan bahwa iklan yang sering kita jumpai ternyata apabila di cermati lebih dalam, terdapat beberapa pesan terselubung yang ingin disampaikan kepada konsumennya ,didalamnya mewakili kehidupan instant untuk masyarakat SDM rendah di Indonesia bahwa rokok merupakan cara agar menikmati hidup secara instant dan tenar secara instan Kesimpulan dari rokok iklan drajum 76 “merokok membunuhmu’ iklan ini pada dasarnya mencoba mengajak para konsumennya untuk tidak memperdulikan atau tidak menghiraukan peringatan yang tertera pada bungkus rokok yang berbunyikan “merokok membunuhmu”. Sehingga bisa dikatakan bahwa rokok itu bukan untuk sebuah ancaman yang berbahaya. sama seperti halnya rokok surya 12 “extanded” dari kata “extended” itu sendiri yang jika kata tersebut diartikan adalah diperpanjang. Mencoba mengajak konsumennya untuk tetap merokok, memupuk karakter dan sifat lelaki pemberani .Jadi beberapa iklan menggunakan beberapa pesan yang terselubung untuk mengkomunikasikan pesan mereka. Para pembuat iklan rokok melakukan tindakan terhadap para kampanye anti rokok melalui beberapa iklan rokok, dan memprovokasi agar budaya menghisap rokok tetap berjalan serta tidak menganggap pembatasan dan segala regulasi yang membatasi ruang gerak rokok saat ini sebagai suatu ancaman

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201010040311202
Keywords: makna pesan iklan rokok 76 dan surya 12
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2019 06:18
Last Modified: 04 Apr 2019 06:18
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45731

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo