UMM Institutional Repository

PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BUDAYA INDONESIA PADA LESSON STUDY DI SD INDONESIA BANGKOK THAILAND

Yayuk, Erna and Ekowati, Dyah Worowirastri (2017) PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA MENGGUNAKAN BUDAYA INDONESIA PADA LESSON STUDY DI SD INDONESIA BANGKOK THAILAND. JINoP (Jurnal Inovasi Pemebelajaran), 3 (1). pp. 459-468. ISSN 2460-0873

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Kedua)
Peer Review - Ekowati - Pembelajaran Matematika Budaya Indonesia Lesson Study.pdf

Download (331kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Yayuk Ekowati - Pembelajaran Matematika Budaya Indonesia Lesson Study.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Yayuk Ekowati - Pembelajaran Matematika Budaya Indonesia Lesson Study.pdf

Download (213kB) | Preview

Abstract

Program PLSLN ini, dilaksanakan pada mata pelajaran matematika, dengan tujuan untuk meminimalkan keabstrakan materi matematika sekaligus mengenalkan budaya indonesia. Sehingga dapat meningkatkan kualitas proses pembelajaran matematika menggunakan budaya Indonesia di SD Indonesia KBRI Thailand. Lesson Study dirancang dalam dua siklus yang setiap siklus tersusun atas beberapa kegiatan. Lesson Study tersusun atas 3 kegiatan yaitu plan atau perencanaan dimana secara berkelompok guru menyusun perencanaan pembelajaran secara bersama, do adalah pelaksanaan pembelajaran dimana salah satu guru akan bertindak sebagai model dan diamati oleh guru-guru yang lain, See adalah refleksi untuk perbaikan proses pembelajaran selanjutnya. Hasil refleksi dapat diperoleh sejumlah pengetahuan baru atau keputusan guna perbaikan dan peningkatan pembelajaran, khususnya di SD Indonesia luar negeri. Hasil Lesson Study menunjukkan bahwa siswa SD dalam belajar matematika sangat senang dan setelah dianalisis menunjukkan bahwa ada peningkatan aktivitas belajar siswa dari siklus ke siklus. Dengan LS Mereka terkondisi untuk belajar dengan sunguh-sungguh dan bertanggung jawab. Pemahaman terhadap suatu materi juga semakin bermakna. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa LS dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran dan LS dapat menjadi sarana penerapan pembelajaran PAIKEM.

Item Type: Article
Keywords: Pembelajaran Matematika, Budaya Indonesia, Lesson Study
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Dyah Worowirastri Ekowati
Date Deposited: 04 Apr 2019 09:40
Last Modified: 06 Apr 2019 04:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45729

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo