UMM Institutional Repository

Unsur Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh (Analisis Isi Film Pendek “Cinta Subuh 1” Karya Amrul Ummami).

Efendi, Nanang (2016) Unsur Pesan Dakwah Dalam Film Cinta Subuh (Analisis Isi Film Pendek “Cinta Subuh 1” Karya Amrul Ummami). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanangefen-43563-1-pendahul-2.pdf

Download (176kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanangefen-43563-2-babi.pdf

Download (175kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanangefen-43563-3-babii.pdf

Download (184kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nanangefen-43563-4-babiii.pdf

Download (362kB) | Preview

Abstract

Kehadirannya film religi cinta subuh 1 merupakan bukti bahwa perfilman indie indonesia mampu bersaing dalam menampilkan karya mendidik dan berdakwah lewat film. Film yang disutradari Amrul Ummami ini mengangkat kisah perjuangan Angga untuk melaksanakan sholat subuh yang dikemas dalam bentuk film yang sarat akan pesan dakwah. Untuk membuktikan adanya indikasi pesan dakwah yang ada dalam film tersebut maka peneliti mencoba membuktikan dengan metode analisis isi. Rumusan masalah yang diambil adalah seberapa besar unsur pesan dakwah dalam film “Cinta Subuh 1” karya Amrul Ummami? Penelitian ini menggunakan metode analisis isi kuantitatif, tujuan dari metode ini adalah merepresentasikan kerangka pesan secara akurat. Penelitian ini menggunakan unit analisis Scene sebagai unsur penting dalam film, dengan struktur kategori Aqidah, moral dan akhlak dan syariah. Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah Film cinta subuh 1 yang terdiri dari 15 menit dan 21 scene. Satuan ukur yang digunakan adalah kemunculan pesan dakwah pada setiap scene dengan kategori yang telah ditentukan. Uji reabilitas dan validitas menggunakan rumus holsty dan scoot pi. Berdasarkan analisa yang telah dilakukan oleh peneliti, maka peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa ditemukan total kemunculan frekuensi yang mengandung pesan dakwah sebanyak 13 scene dengan Prosentase (61,90%) dari total keseluruan 21 scene difilm cinta subuh 1, untuk yang tidak mengandung pesan dakwah terdapat 8 scene dengan prosentase 38,09%, dalam 13 scene yang mengadung pesan dakwah terdapat kategori aqidah memiliki frekuensi kemunculan 6 kali (28%) kategori moral dan akhlak memiliki frekuensi kemunculan sebesar 6 kali (28%), dan kategori syariah memiliki kemunculan sebesar 1 kali (4,7%). Dari perhitungan coefisien reability antara peneliti dengan koder 1 didapatkan hasil sebesar 1 dan antara peneliti dengan koder 2 didapatkan hasil sebesar 0,92. Dalam tahap uji keterhandalan menggunakan rumus Scoot pi didapat hasil antara peneliti dengan koder 1 sebesar 100%. Dan dengan koder 2 mendapat hasil 86%. Dari kesimpulan peneliti menemukan 13 scene yang mengandung pesan dakwah. Peneliti mengharapkan untuk peneliti selanjutnya yang dapat lebih menyempurnakan penelitian tentang unsur pesan dakwah dalam film cinta subuh 1, sehingga fokus atau inti dari penelitian ini dapat disampaikan dan bisa dimengerti. Dari hasil penelitian dapat memberikan sumbangan yang bermakna bagi pihak yang berkecipung dalam dunia perfilman, yaitu memproduksi film yang tidak hanya mengutamakan keindahan format penyajian yang sarat kreatifitas dan inovasi dalam segi teknis namun juga harus memperhatikan segi tematis dan isi film yang berkualitas dan tidak bertentangan dengan ajaran agama islam.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Keywords: Unsur Pesan Dakwah, Film Dakwah, Cinta Subuh
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 Apr 2019 03:22
Last Modified: 04 Apr 2019 03:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45719

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo