UMM Institutional Repository

PENERAPAN NORMA-NORMA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG

FAKURULLOH, YANUAR ANGGA (2016) PENERAPAN NORMA-NORMA PANCASILA DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI MAHASISWA PPKn UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarangg-46395-1-pendahul-n.pdf

Download (567kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarangg-46395-2-babi.pdf

Download (401kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarangg-46395-3-babii.pdf

Download (288kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yanuarangg-46395-4-babiii.pdf

Download (695kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan (1) Pemahaman mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Malang tentang arti norma-norma Pancasila. (2) Metode penerapan mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Malang terhadap norma-norma Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. (3) Menganalisis faktor penghambat dan Solusi dalam penerapan norma pancasila pada kehidupan sehari-hari mahasiswa PPKn Universitas Muhammadiyah Malang. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dimana data yang dihasilkan berupa kata-kata terkait atau lisan dari orang-orang atau perilaku yang diamati. Melalui metode ini peneliti berusaha memberikan data yang sesuai dengan kenyataan di lapangan. Pengumpulan data yang diperoleh melalui teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang diperoleh akan dibaca, ditelaah dan dikelompokkan sesuai dengan rumusan masalah, dianalisis dan selanjutnya akan ditarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa Penerapan mahasiswa mengenai norma-norma Pancasila dalam sehari-hari sudah dilakukan tetapi mahasiswa dalam menerapkan norma-norma Pancasila dilingkungan Universitas Muhammadiyah Malang tidak menyadari bahwa mereka sudah menerapkan ke empat norma yang terdiri dari Norma Hukum,Norma Agama,Norma Kesusilaan dan Norma Kesopanan. Tetapi pada prinsipnya Mahasiswa sudah melaksanakan secara umum dalam lingkungan UMM. Penerapan norma-norma Pancasila di lingkungan mahasiswa memang dirasa sangat penting karena dengan norma-norma pancasila itulah akan membentuk karakter mahasiswa, agar tidak melakukan hal-hal yang negatif. Hambatan yang di dapat antara lain adalah sebagai berikut, pertama, berkaitan dengan lokasi atau lingkungan kurang mendukung kedua, kurangnya kesadaran pada diri mahasiswa dan Solusi yang diambil untuk mengatasi hambatan yang ada adalah dengan melakukan hal-hal yang dapat dicontohkan dan diterapkan oleh pribadi masing-masing dan menyikapi dengan sikap yang positif.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210090311011
Keywords: Keyword : Penerapan, Norma Pancasila, Mahasiswa PPKn
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 26 Mar 2019 03:32
Last Modified: 26 Mar 2019 03:32
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45510

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo