UMM Institutional Repository

IDENTIFIKASI SERANGGA DI HUTAN PANTAI KONDANG MERAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI

Chintya, Finanti Cahya (2016) IDENTIFIKASI SERANGGA DI HUTAN PANTAI KONDANG MERAK SEBAGAI SUMBER BELAJAR BIOLOGI. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-finanticah-45723-1-pendahul-n.pdf

Download (911kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-finanticah-45723-2-babi.pdf

Download (200kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-finanticah-45723-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-finanticah-45723-4-babiii.pdf

Download (187kB) | Preview

Abstract

Indonesia merupakan salah satu negara yang disebut “Mega Biodiversity” setelah Brazil dan Madagaskar. Diperkirakan 25% aneka spesies di dunia ini berada di Indonesia. Insekta merupakan anggota filum arthropoda yang jumlahnya paling besar, diperkirakan dari 1,82 juta spesies tumbuhan dan hewan yang telah diidentifikasi, kelompok serangga mencapai 60% dari spesies tersebut atau kurang lebih ada 950.000 spesies serangga. Insekta merupakan kelas dari filum arthropoda yang mempunyai ciri khas, yaitu jumlah kakinya enam (heksapoda). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis insekta dan memanfaatkan hasil identifikasi jenis insekta di Hutan Pantai Kondangmerak sebagai sumber belajar biologi dalam bentuk ensiklopedia. Penelitian ini dilakukan dengan metode jelajah dan hasilnya di analisis secara deskriptif. Penelitian dilakukan di Hutan Pantai Kondang Merak dan identifikasi insecta di laboratorium Jurusan Hama dan Penyakit Tumbuhan, Fakultas Pertanian, Universitas Brawijaya Malang, pada tanggal 8 Febuari sampai dengan tanggal 19 Febuari 2015. Populasi dari penelitian adalah semua jenis serangga yang ada di Hutan Pantai Kondang Merak yaitu pada blok 97 sampai blok 98 disebelah kanan dan kiri jalan. Hasil dari penelitian ditemukan 26 jenis Insekta di Hutan Pantai Kondang Merak kawasan sumberbening yang termasuk dalam 6 ordo. Jenis tersebut adalah dari ordo Odonata adalah Copera marginipes (Rambur), Neurothemis ramburii (Kaupin in Brauer), Orthetrum glaucum (Brauer), Orthetrum sabina (Brauer), Pantala flavescens (Fabricius) dan Potamarcha congener (Rambur), dari ordo Mantodea adalah Sagmomantis carolina (Johansson), dan dari ordo Lepidoptera adalah Appias libythea (Fabricius), Ariadne specularia (Fruhstorfer), Catopsilia pomona (Fabricius), Euploea caramalzeman (Butler), Eurema blanda (Boisduval), Graphium doson (C.& R. Felder), Hypolimnas bolina (Linnaeus), Ixias pyrene (Linnaeus), Junonia erigone (Cramer), Junonia iphita (Cramer), Junonia orhita (Linnaeus), Leptosia nina (Fabricius), Orsotriaena medus (Fabricius), Melanitis leda (Linnaeus). Pada 1 ordo yang hanya dapat diidentifikasi sampai tingkat sub famili yaitu pada jenis dari ordo Hymenoptera adalah Stenogastrinae dan Xylocopinae. Sedangkan 2 ordo yang hanya dapat diidentifikasi sampai tingkat famili yaitu pada jenis dari ordo Orthoptera adalah Gryllidae dan dari ordo Hemiptera adalah Pentatomidae dan Cicadidae. Dari hasil penelitian sebagai sumber belajar biologi dilakukan dengan cara menyusun ensiklopedia.

Item Type: Thesis (Undergraduate (S1))
Student ID: 201210070311072
Keywords: Identifikasi, Serangga, Hutan Pantai, dan Ensiklopedia
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Mar 2019 03:11
Last Modified: 22 Mar 2019 03:11
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45450

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo