UMM Institutional Repository

Pemeriksaan Kandungan Bakteri Salmonella sp. dan Bakteri Escherichia coli pada Petis Ikan di Pasar Klampis Bangkalan Madura (Dimanfaatkan sebagai Sumber Belajar Biologi)

L. Wahdiniati, L. Wahdiniati (2016) Pemeriksaan Kandungan Bakteri Salmonella sp. dan Bakteri Escherichia coli pada Petis Ikan di Pasar Klampis Bangkalan Madura (Dimanfaatkan sebagai Sumber Belajar Biologi). Bachelors Degree (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lwahdiniat-45803-1-pendahul-n.pdf

Download (881kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lwahdiniat-45803-2-babi.pdf

Download (628kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lwahdiniat-45803-3-babii.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lwahdiniat-45803-4-babiii.pdf

Download (622kB) | Preview

Abstract

Pemenuhan kebutuhan akan pangan saat ini banyak menggunakan berbagai macam cara tanpa memperhatikan tingkat higiene dan sanitasi pengolahan bahan makanan tersebut. Salah satu bahan makanan yang pengolahannya dianggap tidak higienis adalah petis. Petis merupakan produk hasil perikanan yang umumnya terbuat dari hasil samping rebusan ikan atau udang atau kepala udang, yang berbentuk kental dengan rasa asin, manis dan manis pedas serta dapat digunakan sebagai campuran bumbu masak alami pada masakan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan mengidentifikasi kandungan bakteri Salmonella sp. dan bakteri Escherichia coli pada petis ikan di pasar Klampis Bangkalan Madura dan mengetahui apakah petis ikan di pasar Klampis Bangkalan Madura aman dikonsumsi dan sudah memenuhi syarat mutu keamanan pangan berdasarkan SNI serta hasil penelitian dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi berupa buku petunjuk praktikum. Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode spread plate (metode sebar). Sampel yang digunakan sebanyak 7 sampel dengan 3 kali pengulangan. Hasil yang didapatkan akan dibandingkan dengan Standart Nasional Indonesia 2009 terkait dengan batas maksimal cemaran mikroba tentang ikan dan produk perikanan lainnya termasuk Mollusca, Crustaceae, Echinodermata yang telah mengalami pengolahan yaitu untuk bakteri Salmonella sp batas ambang yang telah ditentukan adalah negatif dan untuk bakteri Escherichia coli batas ambang yang telah ditentukan adalah < 3/g. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ditemukan adanya bakteri Salmonella sp. dan bakteri Escherichia coli pada ketujuh sampel petis ikan di pasar Klampis Bangkalan Madura dan telah memenuhi syarat mutu keamanan pangan berdasarkan SNI kandungan bakteri Salmonella sp dan bakteri Escherichia coli pada petis Ikan yang telah ditetapkan. Hasil penelitian kualitas petis ikan di pasar Klampis Bangkalan Madura berdasarkan kandungan bakteri Salmonella sp dan bakteri Escherichia coli akan dimanfaatkan sebagai sumber belajar biologi berupa buku panduan praktikum.

Item Type: Thesis (Bachelors Degree (S1))
Student ID: 201210070311053
Keywords: Bakteri Salmonella sp, Bakteri Escherichia coli, Metode Spread Plate, Buku Petunjuk Praktikum.
Subjects: Q Science > QK Botany
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 22 Mar 2019 02:24
Last Modified: 22 Mar 2019 02:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45441

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo