UMM Institutional Repository

PENGARUH MEDIA LKS BERBASIS MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JABUNG 01 KEC.JABUNG KAB.MALANG

Prabawati, Rizky Nadya and Yayuk, Erna and Kuncahyono, Kuncahyono (2017) PENGARUH MEDIA LKS BERBASIS MODEL TAKE AND GIVE TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS V SD NEGERI JABUNG 01 KEC.JABUNG KAB.MALANG. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 5 (2). pp. 759-757. ISSN 2527-3043

[img]
Preview
Text (Peer Review Penulis Ketiga)
Peer Review - Kuncahyono - Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Take and Give Hasil Belajar IPA.pdf

Download (2MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Similarity - Prabawati Yayuk Kuncahyono - Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Take and Give Hasil Belajar IPA.pdf

Download (3MB) | Preview
[img]
Preview
Text
Prabawati Yayuk Kuncahyono - Pengaruh Lembar Kerja Siswa (LKS) Take and Give Hasil Belajar IPA.pdf

Download (207kB) | Preview

Abstract

Keberadaan LKS IPA digunakan sebagai media untuk mengerjakan soal sekaligus sebagai sumber belajar. Penggunaannya masih belum efektif sebagai sarana pembelajaran, karena materi yang terdapat dalam LKS dirasa belum lengkap. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media LKS berbasis model take and give terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri Jabung 1 Kec.Jabung Kab.Malang, dan besar pengaruh penggunaan media LKS berbasis model take and give. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dan jenis penelitian eksperimen dengan desain true experimental design. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling . Sebagai populasi data, dipilih siswa kelas V SD Negeri Jabung 1 Kec.Jabung Kab.Malang tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 44. Yang terpilih menjadi kelas eksperimen yaitu kelas VB dengan jumlah 23 siswa dan kelas kontrol yaitu kelas VA dengan jumlah 21 siswa. Hasil penelitian menunujukkan (1) pada uji hipotesis yang menggunakan uji t, hasilnya sebesar 0,032 dengan taraf signifikan 5%. Terlihat bahwa nilai Sig.(2-tailed) < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. (2) besar pengaruh penggunaan LKS berbasis model take and give terhadap hasil belajar IPA memberikan kontribusi sebesar 47,9%.

Item Type: Article
Keywords: Pengaruh, Lembar Kerja Siswa (LKS), Take and Give, Hasil Belajar IPA
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Kuncahyono Kuncahyono
Date Deposited: 14 Mar 2019 10:21
Last Modified: 15 Mar 2019 03:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/45218

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo